Penggunaan asesmen portofolio elektronik untuk menilai Learning Progression mahasiswa pendidikan biologi dalam perkuliahan praktikum botani Phanerogamae

Nurlathifah, Zulfah (2019) Penggunaan asesmen portofolio elektronik untuk menilai Learning Progression mahasiswa pendidikan biologi dalam perkuliahan praktikum botani Phanerogamae. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy

Abstract

Botani phanerogamae merupakan mata kuliah yang menuntut kegiatan praktikum dan membutuhkan penanganan khusus agar dapat diterima dengan baik oleh mahasiswa untuk menghasilkan outcome yang memuaskan. Hal ini dikarenakan pada kegiatan praktikum ini banyak karakteristik yang perlu diidentifikasi dari berbagai kelompok pada klad eudicots. Salah satu jenis penilaian yang digunakan dalam kegiatan praktikum adalah penilaian portofolio, namun pelaksanaan penilaian tersebut belum terlaksana secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan dan efektivitas asesmen portofolio elektronik terhadap learning progression mahasiswa setelah melaksanakan perkuliahan praktikum materi eudicots. Learning progression mahasiswa dianalisis melalui peningkatan nilai tugas berupa jurnal dan laporan praktikum. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif, dimana subjek penelitian dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan instrumen rubrik penilaian portofolio elektronik, lembar penilaian teman sejawat, penilaian diri, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan asesmen portofolio elektronik selama kegiatan praktikum, nilai rata-rata tugas portofolio yang diperoleh berupa jurnal praktikum sebesar 81 dan pada laporan praktikum sebesar 77. Peningkatan nilai tugas tersebut tidak signifikan karena nilai awal yang diperoleh sudah termasuk kategori tinggi dan materi eudicot merupakan materi terakhir yang di praktikumkan sehingga mahasiswa sudah terbiasa dan terlatih dalam penyusunan tugas portofolio. Berdasarkan perolehan nilai tersebut, asesmen portofolio elektronik ini kurang efektif digunakan untuk menilai learning progression mahasiswa dalam perkuliahan praktikum botani phanerogamae.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Asesmen portofolio elektronik; learning progression; umpan balik; penilaian teman sejawat; penilaian diri.
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Plants, Botany
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Zulfah Nur Lathifah
Date Deposited: 21 Nov 2019 02:10
Last Modified: 21 Nov 2019 02:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27560

Actions (login required)

View Item View Item