Pengaruh pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi

Fitriani, Ria (2019) Pengaruh pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran merupakan bagian terpenting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi di lapangan, kegiatan pembelajaran di sekolah lebih banyak didominasi oleh guru dan kurang melibatkan siswa. hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan siswa 40%, sehingga diperlukan model pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa. Agar hasil belajar dan aktivitas siswa meningkat, maka menggunakan model pembelajaran POGIL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa yang menggunakan dan tanpa menggunakan pembelajaran POGIL, menganalisis pengaruh pembelajaran POGIL, dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran POGIL pada materi sistem ekskresi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan desain Non-equivalent Pretest-Desain Grup Kontrol Postest. Instrumen yang digunakan adalah Lembar Observasi untuk mengetahui keterlaksanaan kegiatan guru dan siswa, tes pilihan ganda (Pre-test dan Post-test) berjumlah 20 soal untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan Angket untuk mengetahui respon siswa setelah pembelajaran menggunakan model POGIL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan guru dan siswa dalam pembelajaran POGIL diperoleh nilai persentase 88,89% dan nilai persentase 90,74% dengan kategori sangat baik, hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran POGIL diperoleh nilai rata-rata pre-test 30, rata-rata post-test 72,2, respon siswa terhadap pembelajaran POGIL pada materi sistem ekskresi tergolong dalam kategori kuat dengan persentase 77,11%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran POGIL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi dengan nilai t-hitung 6,36 > t-tabel 2,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Ekskresi; POGIL; Hasil Belajar
Subjects: Education
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ria Fitriani Saripudin
Date Deposited: 20 Nov 2019 07:50
Last Modified: 20 Nov 2019 07:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27555

Actions (login required)

View Item View Item