Implementasi fungsi perencanaan Yayasan dalam meningkatkan kualitas pemberdayaan masyarakat: Penelitian di Yayasan Bening Nurani Sumedang

Ropiah, Siti (2019) Implementasi fungsi perencanaan Yayasan dalam meningkatkan kualitas pemberdayaan masyarakat: Penelitian di Yayasan Bening Nurani Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover[1].pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK[1].pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR_ISI[1].pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB_I[1].pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB_II[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB_III[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB_IV[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy

Abstract

Setiap anak berhak mendapatkan kehidupan yang layak. Namun pada kenyataannya, masih kita jumpai anak-anak yang belum mendapatkan kehidupan yang semestinya, seperti tempat tinggal, sekolah, pakaian dan lain-lain. Untuk itu, perlu adanya suatu lembaga untuk mewadahi segala kebutuhan anak-anak. Lembaga yang di maksud ialah Yayasan Bening Nurani. Yayasan adalah suatu badan hukum yang tidak memiliki anggota, di kelola oleh pengurus dan didirikan untuk tujuan sosial mengusahakan layanan dan bantuan seperti sekolah, rumah sakit, dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaiaman proses perncanaan Yayasan Bening Nurani dalam mencapai tujuan. Serta bagaimana implementasi fungsi perencanaan yang diterapkan di Yayasan Bening Nurani. Adapun teori yang digunakan pada penelitian ini ialah Fungsi perencanaan. Perencanaan terjadi pada semua tipe kegiatan. Perencanaan ialah proses dasar dimana manajemen akan memutuskan tujuan dan cara mencapainya. Perencanaan pada organisasi bersifat esensial, karena pada kenyataannya perencanaan memegang peranan lebih dibandingkan fungsi-fungsi manajemen lainnya. Dalam tataran prakteknya fungsi-fungsi pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan sebenarnya hanya melaksanakan keputusan-keputusan. Fungsi perencanaan yang di gunakan meliputi peramalan (Forecasting), pembentukan tujuan (Establishing Objectives), program (Programming), penjadwalan (Scheduling), dan penganggaran (Budjeting). Peneliti ini menggunakan metode desktiptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik dalam pegumpulan data yang di gunakan ialah teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil dan penelitian yang dilakukan di Yayasan Bening Nurani dari Impelementasi fungsi perencanaan yayasan dalam meningkatkan kualitas pemberdayaan masyarakat dapat disimpulkan, (1) proses perencanaan Yayasan Bening Nurani ialah menggunakan sistem botton up planning, dengan tahapan-tahapan yang dimulai dari bermusyawarah dengan para pengasuh yayasan, pengajuan rencana program kepada pihak yayasan, membentuk kepanitian kerja, melaksanakan program kerja yang sudah di tentukan dan melakukan evaluasi kegiatan. (2) Implementasi fungsi perencanaan yang terapkan ialah program harian dan program unggulan. Dimana program harian itu adalah kegiatan keseharian anak asuh, mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali. Sedangkan program unggulan adalah kegiatan Peringatan Hari Besar Islam, Peringatan Hari Besar Nasional,serta pelatihan dai/da'iah se-jawa Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: fungsi perencanaan; yayasan; pemberdayaan masyarakat;
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Siti Rofiah
Date Deposited: 25 Nov 2019 03:51
Last Modified: 25 Nov 2019 03:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27514

Actions (login required)

View Item View Item