Fungsi perencanaan dalam penyelenggaraan pembinaan manasik ibadah haji ; Studi deskriptif di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Riyadlol Hasanah Kota Cimahi

Asiyah, Aas (2019) Fungsi perencanaan dalam penyelenggaraan pembinaan manasik ibadah haji ; Studi deskriptif di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Riyadlol Hasanah Kota Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (591kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji yang bisa disebut KBIH adalah lembaga atau yayasan sosial Islam yang bergerak di bidang bimbingan manasik haji selama pembekalan di tanah air maupun pada saat pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi. Sebagai salah satu lembaga penyelenggaraan ibadah haji KBIH harus mempunyai perencanaan manasik ibadah haji yang sangat baik, karena jika dilihat KBIH yang ada di Kota Cimahi sangatlah banyak itu semua menjadi suatu permasalahan yang ada di KBIH untuk menghadapi persaingan yang begitu ketat, maka dari itu KBIH Riyadlol Hasanah harus memiliki perencanaan yang baik dalam merekrut calon jamaah haji. Penyelenggaraan pembinaan manasik haji merupakan pekerjaan yang cukup rumit, karena pelaksanaan kegiatan tersebut memerlukan perencanaan yang cukup matang. KBIH Riyadlol Hasanah Sebagai lembaga bimbingan menyelenggarakan pembinaan manasik haji, KBIH Riyadlol Hasanah memilih serta menentukan serangkaian kegiatan yang akan di laksanakan dalam setiap periodenya untuk menunjukkan kinerja yang positif serta pencapaian hasil yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan KBIH Riyadlol Hasanah dalam penyelenggaraan pembinaan manasik ibadah haji. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa perencanaan merupakan salah satu fungsi yang fundamental dalam proses manajeman, karena organizing, actuating, dan controlling harus terlebih dahulu direncanakan. Perencanaan ini ditujukan pada masa depan yang penuh ketidakpastian karena adanya perubahan kondisi dan situasi. (Hasibuan, 2001 : 91). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan, memaparkan dan menjelaskan data-data informasi tentang fungsi perencanaan manasik ibadah haji. Jenis penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data secara langsung kegiatan bimbingan yang dilakukan oleh KBIH Riyadlol Hasanah, menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa KBIH Riyadlol Hasanah dalam melaksanakan penyelenggaraan pembinaan manasik ibadah haji tidak pernah lepas dari perencanaan, dan dalam perencanaan tersebut maka semua tujuan bisa tercapai dengan baik. Dari hasil penelitian ini Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Riyadlol Hasanah melaksanakan dengan lancar program pembinaan manasik ibadah haji, serta melaksanakan tugasnya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur dan sesuai dengan rencana yang telah di buat. Baik dari materi, pembimbing, metode, lokasi dan waktu serta media yang digunakan. Dengan demikian fungsi perencanaan di KBIH Riyadlol Hasanah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Perencanaan; Penyelenggaraan Bimbingan Manasik; KBIH
Subjects: General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Aas Asiyah
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:23
Last Modified: 19 Nov 2019 07:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27508

Actions (login required)

View Item View Item