Pelaksanaan layanan internet banking di BNI Syariah Kantor Kas Jatinangor: Analis Fatwa Dewan Syariah Nasional No 10/DSN-MUI/IV Tahun 2000 tentang wakalah

Darusalam, Darusalam (2017) Pelaksanaan layanan internet banking di BNI Syariah Kantor Kas Jatinangor: Analis Fatwa Dewan Syariah Nasional No 10/DSN-MUI/IV Tahun 2000 tentang wakalah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover%20Skripsi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar%20Isi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab%20I.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB%20II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB%20III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB%20IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Akad sebagai salah satu unsur yang penting dalam berbagai pelaksanaan kegiatan bermuamalah, akad memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan yang lainnya. Pelaksanaan Layanan Internet Banking di BNI Syariah Kantor Kas Jatinangor dari segi pelaksanaannya telah terjadi penandatanganan dengan konsep wakalah. Di mana yang diberikan pihak Bank kepada nasabah adalah suatu pelayanan jasa dan yang diberikan nasabah kepada Bank adalah Fee apabila transaksi yang dilakukan nasabah terdapat hak Bank yang harus dipenuhi. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Prosedur perjanjian aktivasi layanan BNI Syariah Internet Banking dan penggunaan e-Secure sebagai alat pengaman tambahan dari pihak BNI Syariah Kantor Kas Jatinangor kepada pihak nasabah, (2) Mekanisme akad wakalah dalam transaksi yang dilakukan nasabah melalui Layanan BNI Syariah Internet Banking di BNI Syariah Kantor Kas Jatinangor. (3) Pelaksanaan akad wakalah dalam layanan BNI Syariah Internet Banking di BNI Syariah Kantor Kas Jatinangor berdasarkan Fatwa DSN-MUI Nomor.10/DSN-MUI/IV/2000/ Tentang Wakalah. Setiap kegiatan bermuamalah pada dasarnya adalah boleh selama tidak mengandung unsur-unsur yang dilarang oleh agama, seperti gharar (Ketidakpastian) dan riba (pengambilan harta orang lain dengan jalan yang batil). Kegiatan bermuamalah yang diperbolehkan adalah muamalah yang terhindar dari unsur-unsur yang dilarang tersebut. Oleh karenanya diperlukan kejelasan akad, termasuk pada pelaksanaan layanan Internet Banking. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, metode ini digunakan untukmenggambarkan,menganalisis dan mengungkapkan peristiwa dan temuan yang terjadi dilapangan. Data primer yang diperoleh dari data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data sekunder diperoleh dari sumber referensi berupa buku, dokumen ataupun arsip lainnya yang relevan dengan kegiatan penelitian. Hasil penelitian ini dapat penulis simpulkan bahwa: (1) prosedur perjanjian aktivasi layanan Internet Banking di BNI Syariah Kantor Kas jatinangor sah, namun belum sempurna, sebab tidak adanya penyebutan akad yang digunakan. (2) mekanisme akad wakalah dalam layanan Internet Banking di BNI Syariah Kantor Kas Jatinangor DSN No.10/DSN-MUI/IV/2000 tentang Wakalah. (3) pelaksanaan akad wakalah dalam layanan BNI Syariah Internet Banking di BNI Syariah Kantor Kas Jatinangor sah, berdasarkan Fatwa DSN-MUI Nomor: 10/DSN-MUI/IV/2000 tentang ijab dan qabul tidak secara jelas dicantumkan pada formulir permohonan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Internet Banking; Wakalah; Fata DSN-MUI;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Unnamed user with email Bandungdarus19@gmail.com
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:06
Last Modified: 26 Dec 2019 02:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27491

Actions (login required)

View Item View Item