Strategi marketing public relations dalam upaya meningkatkan jumlah iklan di Radio Dahlia 101 FM Bandung

Tibi, Hendrawan (2019) Strategi marketing public relations dalam upaya meningkatkan jumlah iklan di Radio Dahlia 101 FM Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena radio sebagai media yang memiliki persaingan ketat dalam aspek periklanan. Radio memerlukan pertumbuhan dan perkembangan untuk tetap eksis didunia komunikasi, agar memenuhi kebutuhan tersebut perlu iklan sehingga radio bisa bersaing dan menjalani kelangsungan hidup. Oleh karena itu, dibutuhkan peran Marketing Public Relations agar upaya meningkatkan iklan dapat tercapai dengan memakai strategi yang terencana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pull Strategy, Push Strategy dan Pass Strategy yang diterapkan oleh Marketing Public Relations Radio Dahlia 101.5 FM Bandung dalam upaya meningkatkan iklan. Teori yang digunakan didalam penelitian ini menggunakan landasan pemikiran dari Marketing Public Relations dan didukung oleh konsep Three Ways Strategy yang diungkapkan oleh Thomas L. Harris (1991). Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yakni bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan suatu fenomena mengenai individu dan kelompok tentang keadaan yang sesuai dengan fakta dilapangan. Teknik pengumpulan data didalam penelitian ini dikumpulkan dari data berupa dokumen dan arsip (gambar dan audio) melalui observasi dan wawancara. Data penelitian yang digunakan adalah data kualitatif yang berwujud pernyataan berupa kata-kata. Sumber data yang digunakan adalah data primer; data yang diperoleh secara langsung dari key informan dan data sekunder; data yang diperoleh secara tidak langsung atau melalui perantara media/pihak lain. Hasil dan pembahasan didalam penelitian ini menunjukkan bahwa Marketing Public Relations radio Dahlia memiliki strategi perencanaan melalui program siaran, mendukung manajemen Marketing dan Touch Personal. Marketing Public Relations Radio Dahlia juga menggunakan strategi yang meliputi; Pull Strategy: program Dirrect Communications dan Branding. Push Strategy: program CAFO. Pass Strategy: program evaluasi dalam kegiatan Off Air (eksternal). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Strategi Marketing Public Relations dalam Upaya Meningkatkan Iklan di Radio Dahlia 101.5 FM Bandung dinyatakan efektif dan berhasil dengan penerapan antar teori secara literatur dan praktis secara fakta dilapangan memiliki keselarasan yang bersinggungan, kemudian iklan di radio Dahlia 101.5 FM Bandung meningkat dalam jangka waktu rata-rata seminggu sekali setiap bulannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Marketing Public Relations; Radio; Iklan;
Subjects: Knowledge
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Hendraan Tibi
Date Deposited: 25 Nov 2019 03:37
Last Modified: 25 Nov 2019 03:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27469

Actions (login required)

View Item View Item