Penerapan model pembelajaran SAVI berbantu Mind Maps untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi

Utamie, Fentie Nuriasih (2019) Penerapan model pembelajaran SAVI berbantu Mind Maps untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

Berpikir kreatif bagian dari berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skill) yang menjadi karakter pendidikan abad 21. Model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) menyajikan proses pembelajaran dengan melibatkan indera siswa yang berbantu mind maps akan memudahkan siswa secara visual karena memaksimalkan kerja otak untuk meningat informasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran, menganalisis pengaruh dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa serta respon siswa terhadap model pembelajaran SAVI berbantu mind maps. Metode penelitian deskriptif menggunakan design penelitian Pre-experimental Designs jenis One Group Pretest-Posttest. Penelitian dilakukan di kelas VIII dengan jumlah sampel 63 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes, lembar observasi dan angket. Hasil analisis pengaruh pembelajaran kelas VIII-D diperoleh T hitung (1,4821) < T tabel (1,8409) (H1 diterima) dan kelas VIII-G T hitung (1,2856) < T tabel (1,8409) (H1 diterima). Hasil respon siswa rata-rat 3,41 (sangat tinggi) di kelas VIII-D dan skor rata-rata 3,23 (tinggi) kelas VIII-G. Dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikansi α = 5% terdapat pengaruh positif yang signifikan pada penerapan model pembelajaran SAVI berbantu mind maps terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; SAVI; Mind Maps; Berpikir Kreatif; HOTS; Ekskres;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Fentie Utamie
Date Deposited: 20 Nov 2019 02:23
Last Modified: 20 Nov 2019 02:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27457

Actions (login required)

View Item View Item