Penerapan media Flipchart untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Baiturrahim Padalarang Kabupaten Bandung Barat

Afifah, Ulfah (2019) Penerapan media Flipchart untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Baiturrahim Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan temuan permasalahan yang terdapat pada pembelajaran tematik di kelas IV MI Baiturrahim Padalarang, bahwa kurangnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik sangatlah pasif. Hal ini disebabkan karena ketika kegiatan pembelajaran hanya menerapkan media pembelajaran berupa papan tulis. Sehingga pembelajaran menjadi monoton, membosankan dan berpengaruh terhadap kurangnya motivasi belajar siswa. Media flipchart merupakan media pembelajaran yang sederhana dengan menggunakan kertas besar, penyajian informasi yang didominasi dengan gambar-gambar, tulisan, angka-angka yang membuat media flipchart ini memberikan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) motivasi belajar siswa kelas IV MI Baiturrahim Padalarang dalam pembelajaran tematik sebelum menggunakan media flipchart, 2) motivasi belajar siswa kelas IV MI Baiturrahim Padalarang ketika menerapkan media flipchart dalam pembelajaran tematik, 3) motivasi belajar siswa kelas IV MI Baiturrahim Padalarang dalam pembelajaran tematik setelah menggunakan media flipchart. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa motivasi belajar siswa dapat meningkat yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya dengan menerapkan media yang tepat yaitu dengan menggunakan media flipchart. Sehingga peneliti mengajukan hipotesis tindakan bahwa penerapan media flipchart diduga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik. Metode penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Baiturrahim yang berjumlah 30 siswa yakni 10 laki-laki dan 20 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum menggunakan media flipchart mencapai 66% dengan kriteria sangat rendah. Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Pada siklus I tindakan I aktivitas guru mencapai 78% dengan kriteria baik, tindakan II mencapai 81% dengan kriteria baik, lalu meningkat pada siklus II tindakan I mencapai 86% dengan kriteria baik, tindakan II mencapai 89% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I tindakan I mencapai 76% dengan kriteria baik, tindakan II mencapai 80% dengan kriteria baik, siklus II tindakan I mencapai 83% dengan kriteria baik, tindakan II mencapai 87% dengan kriteria sangat baik. Adapun motivasi belajar siswa setelah menerapkan media flipchart mengalami peningkatan, pada siklus I mencapai 80% dengan kriteria baik, lalu meningkat pada siklus II mencapai 90% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan telah sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan perolehan hasil motivasi yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Flipchart; Motivasi Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah afifah
Date Deposited: 27 Nov 2019 06:10
Last Modified: 27 Nov 2019 06:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27366

Actions (login required)

View Item View Item