Metode penanganan pecandu Narkoba melalui terapi kelompok dukungan sebaya : Study deskriptif penelitian di Rehabilitasi Rumah Cemara Geger Kalong Bandung

Nur'aini, Virani fatwa (2018) Metode penanganan pecandu Narkoba melalui terapi kelompok dukungan sebaya : Study deskriptif penelitian di Rehabilitasi Rumah Cemara Geger Kalong Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV Penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy

Abstract

Metode Penanganan pecandu narkoba merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan karena masa depan pecandu narkoba akan rusak. Rumah Cemara dalam setiap penanganannya mengarahkan pada kenyaman ketika direhabilitasi, pengembangan diri menjadi lebih baik dan dapat diterima di masyarakat. Fokus permasalahan yang akan dicari jawabannya lewat penelitian ini adalah “Metode Penanganan Pecandu Narkoba Melalui Terapi Kelompok Dukungan Sebaya.” Terapi kelompok dukungan sebaya merupakan penanganan yang digunakan di Lembaga Rehabilitasi Rumah Cemara yang dapat disebut sebagai komunitas para mantan pecandu narkoba dan pecandu narkoba yang saling mensupport, saling menyemangati, saling membantu dan saling membuat nyaman. Terapi kelompok dukungan sebaya dapat membantu menangani masalah kecanduan terhadap narkoba yang dialami oleh pecandu narkoba. Konseling sebaya, Kunjungan rumah, Kunjungan rumah sakit, Positif chat, Close meeting, Open meeting, Study Club, Pendamping sebaya, Peningkatan kemampuan anggota, Monitoring dan evaluasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode penanganan pecandu narkoba melaui kelompok dukungan sebaya di Rumah cemara. Terdapat lima dimensi dukungan sosial yaitu: dukungan material/instrumental, dukungan emosi/psikologis, dukungan penghargaan, dukungan integritas sosial dan dukungan informasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah deskripstif. Subjek penelitian adalah pecandu narkoba. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan deskriptif dan riwayat hidup pecandu narkoba sebelum dan sesudah diterapi di Rumah cemara, gambaran umumnya mereka terlihat bahagia, lebih percaya diri dan berprestasi di bidang olahraga dan kesenian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penanganan; Narkoba; pecandu narkoba; rehabilitasi; Terapi kelompok dukungan sebaya;
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Narcotics Problems
Pharmacology and Therapeutics > Therapeutics, Theraphy
Miscellaneous Branches of Medicine and Surgery > Rehabilitation
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Virani fatwa Nur'aini
Date Deposited: 15 Nov 2019 07:10
Last Modified: 15 Nov 2019 07:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27360

Actions (login required)

View Item View Item