Manajemen kampanye public relations pemberantasan narkoba melalui program desa bersinar: Studi deskriptif pada Humas Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat

Vanny, Eva Alvi Gangga (2019) Manajemen kampanye public relations pemberantasan narkoba melalui program desa bersinar: Studi deskriptif pada Humas Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data dari Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia, Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan penduduk terbanyak, terdapat 800.000 penyalahguna narkoba pada tahun 2018. Narkoba merupakan zat psikotropika yang dapat merusak sistem syaraf dan dapat mengakibatkan kecanduan jika tidak segera diberantas dan ditangani serius. Salah satu upaya untuk menekan jumlah tersebut ialah Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat mengkampanyekan pemberantasan narkoba melalui program “Desa Bersinar”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses dalam kampanye “Desa Bersinar” yang dilakukan oleh BNN Provinsi Jawa Barat, dengan menggunakan konsep kampanye dalam memberantas narkoba di Provinsi Jawa Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah konsep Kampanye Leon Ostergaard yang terdiri dari identifikasi masalah, perancangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena menggambarkan atau mendeskripsikan proses kampanye pemberantasan narkoba melalui program “Desa Bersinar” oleh BNN Provinsi Jawa Barat. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dan data dokumen untuk melengkapi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa BNN Provinsi Jawa Barat menggunakan model kampanye Leon Ostergaard dalam melakukan sosialisasi program “Desa Bersinar”. Meliputi identifikasi masalah mencakup pengumpulan, analisis data, strategi dan tindakan komunikasi, perancangan mencakup perancangan tujuan, pesan, sasaran, media,dan alokasi waktu dan sumber daya, pelaksanaan mencakup realisasi, alur kerja, eksekusi, pemantauan, dan laporan. Dan evaluasi mencakup penilaian, alat ukur keberhasilan, laporan evaluasi, implementasi hasil, dan umpan balik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Kampanye Public Relations; Narkoba, Desa Bersinar
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Eva Alvi Gangga Vanny
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:19
Last Modified: 18 Nov 2019 04:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27343

Actions (login required)

View Item View Item