Penggunaan kartu Biodomino melalui penerapan strategi Bioedutainment pada materi sistem Ekskresi manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP

Hanipatusshopa, Salma (2019) Penggunaan kartu Biodomino melalui penerapan strategi Bioedutainment pada materi sistem Ekskresi manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6_DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran merupakan bagian penting dari proses pendidikan yang akan mempengaruhi hasil belajar. Berdasarkan studi di lapangan metode yang sering digunakan adalah ceramah. Hasil belajar menunjukkan ketuntasan siswa 53%, sehingga diperlukan penggunaan strategi pembelajaran aktif dan menyenangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan kartu biodomino melalui penerapan strategi bioedutainment, hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi dengan dan tanpa menggunakan kartu biodomino serta penerapan strategi bioedutainment, perbedaan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi dengan dan tanpa menggunakan kartu biodomino serta penerapan strategi bioedutainment, respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan kartu biodomino melalui penerapan strategi bioedutainment. Metode penelitian menggunakan Quasi Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMPN 3 Margahayu. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah seperangkat tes hasil belajar siswa, angket, dan lembar observasi. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Pengumpulan data diperoleh dari tes dengan jumlah 20 soal PG untuk pretest dan posttest. Hasil penelitian pada kelas eksperimen rata-rata keterlaksanaan guru 93,7% dengan kategori sangat baik, kemudian rata-rata keterlaksanaan siswa 89% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa kelas eksperimen menunjukkan nilai N-Gain 0,60 dengan kategori sedang. Hasil belajar siswa kelas kontrol menunjukkan nilai N-Gain 0,28 dengan kategori rendah. Data posttest diperoleh nilai thitung = 5,77 dan ttabel = 1,99 pada taraf signifikasi 5%. Maka thitung> ttabel, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan kartu biodomino melalui penerapan strategi bioedutainment diperoleh rata-rata 3,6 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kartu Biodomino; Strategi Bioedutainment; Hasil Belajar; Sistem Ekskresi;
Subjects: Education, Research
Education
Education > Statistic of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Salma Hanipatusshopa
Date Deposited: 14 Nov 2019 07:25
Last Modified: 14 Nov 2019 07:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27297

Actions (login required)

View Item View Item