Pengaruh pendekaan Sosio-Scientific Isues (SSI) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi

dharmawati, tanti (2019) Pengaruh pendekaan Sosio-Scientific Isues (SSI) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis adalah kemampuan memberikan alasan (reasonable) dan berpikir reflektif yang difokuskan pada apa yang diyakini dan apa yang dilakukan. Berdasarkan observasi dilapangan, dalam proses pembelajaran siswa cenderung kurang aktif sehingga ketuntasan belajar 39%. Sehingga diperlukan pembelajaran yang mampu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran agar siswa menjadi aktif dan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, maka digunakan pendekatan Socio-scientific Issues (SSI). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran SSI terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang akan digunakan adalah quasi eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0.56 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 0.43. Hasil uji t N-Gain menunjukkan bahwa data yang dihasilkan sesuai dengan kriteria yaitu thitung (3.28) > ttabel (1.99) dengan taraf signifikan 5%, artinya H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran SSI berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sosio-Scientific Isues (SSI); berpikir kritis; siswa ;sistem reproduksi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: tanti dharmawati
Date Deposited: 14 Nov 2019 07:47
Last Modified: 14 Nov 2019 07:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27294

Actions (login required)

View Item View Item