Tanggapan Siswa terhadap Media Visual Hubungannya dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Peristiwa alam di Indonesia (Penelitian di Kelas V MI Ad-Dhimyati Kota Bandung)

Poppy Fauziah, Poppy (1210209080) (2014) Tanggapan Siswa terhadap Media Visual Hubungannya dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Peristiwa alam di Indonesia (Penelitian di Kelas V MI Ad-Dhimyati Kota Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang ditemukan di kelas V MI Ad-Dhimyati kota Bandung, bahwa tanggapan siswa terhadap media visual cukup antusias, itu dapat digambarkan dengan semangat siswa ketika mengikuti pembelajaran. Dalam hal ini, memudahkan guru dapat mengalihkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan media visual yang ditampilkan. Tetapi diperoleh informasi bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA hampir 40% belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 75 serta masih adanya siswa yang asyik mengobrol pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Realitas tanggapan siswa terhadap media visual dalam pembelajaran IPA pokok bahasan peristiwa alam di Indonesia pada kelas V MI Ad-Dhimyati Kota Bandung.(2) Realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan peristiwa alam di Indonesia pada kelas V MI Ad-Dhimyati Kota Bandung. (3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap media visual dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan peristiwa alam di Indonesia pada kelas V MI Ad-Dhimyati Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan bahwa secara teori penggunaan media visual akan berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa khususnya dalam belajar IPA. Dari asumsi tersebut dirumuskan hipotesis, semakin positif tanggapan siswa terhadap media visual maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, penyebaran angket, tes, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa. Analisis korelasi kedua variabel menggunakan teknik korelasi Rank Spearman , karena kedua variabel berdistribusi normal tetapi regresinya tidak linier. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa tanggapan siswa terhadap media visual termasuk ke dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 4,56. Adapun hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 81,1. Hubungan antara keduanya ditunjukkan dengan koefisien korelasi = 0,24, yakni termasuk pada kategori rendah. Hasil uji t pada taraf signikifansi 5% menunjukkan t hitung > t tabel yaitu 1,047 > 0,450. Sehingga Ha diterima yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara tanggapan siswa terhadap media visual dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan peristiwa alam di Indonesia. Adapun kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y hanya 3%. Dengan demikian, 97% hasil belajar kognitif siswa kelas V MI Ad-Dhimyati kota Bandung pada mata pelajaran IPA pokok bahasan peristiwa alam di Indonesia dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan, Siswa, Media Visual, Hasil Belajar, Kognitif, Mata Pelajaran IPA, Peristiwa alam, Indonesia
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: miss yuni da'wah
Date Deposited: 25 Jan 2017 02:57
Last Modified: 10 Feb 2017 12:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2726

Actions (login required)

View Item View Item