Penerapan pembelajaran active learning tipe artikulasi berbasis proyek dalam meningkatkan aktivitas belajar PAI Siswa SMPN 9 Cimahi

Maulana, Moch. Rafi (2019) Penerapan pembelajaran active learning tipe artikulasi berbasis proyek dalam meningkatkan aktivitas belajar PAI Siswa SMPN 9 Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan Studi Pendahuluan Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII sub materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah swt umumnya menggunakan metode ceramah yang berarti pembelajaran hanya terpusat pada guru. Begitu juga di SMP Negeri 9 Cimahi. Penggunaan metode ceramah tidaklah salah dalam penyampaian materi, akan tetapi anak cenderung bosan dan pembelajaran di kelas sangat monoton. Hal tersebut juga berakibat pada rendahnya aktifitas belajar siswa. Pengalaman langsung akan memberikan makna yang lebih bagi siswa. Namun demikian, pada kenyataannya tidak semua bahan pelajaran dapat disajikan secara langsung, sehingga peneliti mencoba menggunakan metode Artikulasi berbasis Proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) aktivitas belajar PAI siswa sebelum diterapkannya pembelajaran active learning tipe artikulasi berbasis proyek di SMPN 9 Cimahi. (2) penerapan pembelajaran active learning tipe artikulasi berbasis proyek pada setiap siklus di SMPN 9 Cimahi. (3) hasil aktivitas belajar PAI siswa setelah diterapkannya pembelajaran active learning tipe artikulasi berbasis proyek di SMPN 9 Cimahi. Metode penelitian ini berangkat dari suatu kerangka teoritis bahwa metode Artikulasi berbasis proyek adalah pembelajaran dengan sistem pesan berantai. Pesan yang akan dibawa merupakan materi pelajaran yang sedang dipelajari ketika itu dengan memberikan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan informasi. Metode ini menimbulkan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan demikian metode Artikulasi berbasis Proyek merupakan alternatif yang efektif dalam membantu meningkatkan aktifitas belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Adapun hasil penelitian ini diperoleh : (1) aktivitas belajar PAI siswa sebelum menggunakan metode artikulasi berbasis proyek di SMPN 9 Cimahi terbilang rendah, dengan rata-rata hanya 38.8%. (2) penerapan pembelajaran active learning tipe artikulasi berbasis proyek berdasarkan lampiran angket terlaksana dengan baik dengan nilai rata-rata 3,4 (Baik). (3) hasil aktivitas belajar PAI siswa setelah diterapkannya pembelajaran active learning tipe artikulasi berbasis proyek di SMPN 9 Cimahi mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari lembar observasi dengan nilai rata-rata 73,58 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Artikulasi; Pembelajaran Berbasis Proyek; Aktivitas Belajar PAI; PTK;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moch Rafi Maulana
Date Deposited: 14 Nov 2019 02:24
Last Modified: 14 Nov 2019 02:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27251

Actions (login required)

View Item View Item