Pemahaman masyarakat kaki Gunung Sawal tentang melek media: Studi Deskriptif pada Masyarakat Desa Ciakar Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis

Romdoni, Arif (2019) Pemahaman masyarakat kaki Gunung Sawal tentang melek media: Studi Deskriptif pada Masyarakat Desa Ciakar Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.docx
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi membawa banyak kemajuan dan kemudahan dalam kehidupan masyarakat di era digital seperti saat ini. internet menjadi media paling mudah diakses oleh semua lapisan masyarakat, bahkan hampir setiap orang memiliki akses internet melalui perangkat smartphone. Kemampuan literasi media sangat berguna untuk menghadapi bebagai informasi yang ada dalam media baru, terlebih dengan banyaknya informasi yang disajikan bukan hanya media online tapi juga media sosial. Hal ini seharusnya didukung dengan pemahaman masyarakat mengenai melek media, agar masyarakat dapat lebih selektif dalam memilih informasi yang diterima. Tujuan dilakukannya penelitian ini guna mengetahui tingkat kemampuan melek media literasi fungsi konsumsi atau (functional consuming literacy), literasi konsumsi kritis atau (critical consuming literacy), literasi fungsi partisipasi atau (functional prosuming literacy), dan literasi partisipasi kritis atau (critical prosuming literacy) masyarakat kaki gunung Sawal dalam penggunaan layanan internet dan konten-konten informasi yang tersedia didalam layanan sosial media. Peneliti menggunakan konsep NML (New Media Literacy) dalam Understanding new media literacy: The development of a measuring instrument (Memahami literasi media baru: Pengembangan alat ukur) oleh Linet al. (2013). Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif, karena penelitian ini akan memaparkan peristiwa yang berkenaan dengan pemahaman masyarakat Desa Ciakar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, analisis dokumen, serta wawancara. Snowball Sampling digunakan sebagai teknik penentuan informan dari masyarakat Desa Ciakar, yang aktif dalam menggunakan perangkat smartphone dan menjadi pengguna aktif layanan internet. Penelitian ini memunculkan beberapa simpulan (1) Pemahaman literasi fungsi konsumsi Masyarakat Desa Ciakar telah terpenuhi dengan pemahaman mempuni. (2) Pemahaman literasi konsumsi kritis Masyarakat Desa Ciakar tergolong baik. () Kemampuan melek media, tingkat pemahaman literasi fungsi partisipasi Masyarakat Desa Ciakar tergolong memiliki pemahaman baik. (4) Kemampuan melek media, pemahaman literasi partisipasi kritis Masyarakat Desa Ciakar belum terpenuhi dengan pemahaman cenderung kurang memadai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: literasi media; melek media; masyarakat desa; pemahaman; masyarakat; teknologi komunikasi;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Communications Telemunications
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Customs of People
Process of Written Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Arif Romdoni Romdoni
Date Deposited: 13 Nov 2019 07:14
Last Modified: 13 Nov 2019 07:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27231

Actions (login required)

View Item View Item