Perbandingan akhlak siswa ber-asrama dengan non-asrama di SMA Pribadi Bilingual Boarding School Bandung

Assidiqi, Muhammaad Hasby (2019) Perbandingan akhlak siswa ber-asrama dengan non-asrama di SMA Pribadi Bilingual Boarding School Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi penanaman dan pembiasaan akhlak siswa di rumah dan di asrama memiliki beberapa perbedaan, sehingga kendala yang mereka hadapi di lingkungan tentu tidak sama. Rumah adalah tempat tinggal yang langsung berdampingan dengan masyarakat, kegiatan di rumah cenderung fleksibel dan tata tertib yang diterapkan bersifat kondisional serta pengawasan dan bimbingan adalah tugas keluarga. Sedangkan asrama adalah tempat tinggal yang diisi oleh anggota asrama dan para pembina, kegiatan di asrama terjadwal, peraturan dan sanksi adalah tata tertib yang harus diterapkan, serta pengawasan dan bimbingan diamanatkan kepada para pembina asrama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui kualitas akhlak siswa berasrama dan siswa non asrama serta perbedaan akhlak siswa berasrama dan non asrama SMA Pribadi Bilingual Boarding School Bandung. Sebagai sarana untuk menguatkan dan menjawab hipotesis penelitian, bahwa siswa asrama memiliki akhlak yang lebih baik dibandingkan siswa non-asrama. Akhlak pada penelitan ini terfokus secara umum dalam empat aspek yaitu: akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap sesama manusia, akhlak terhadap diri sendiri dan akhlak terhadap alam ataupun lingkungan. Sebab keempat hal tersebut tidak bisa dipisahkan untuk menjadi manusia yang sempurna (insan kamil). Penelitian ini merupakan peneltian kuantitatif dengan jenis rancangan komparatif dua variabel bebas dengan desain penelitian survei. Instrumen angket yang disebarkan dengan ketentuan teknik sampling aksidental. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas akhlak siswa berasrama mendapatkan skor total 95,14 dengan rata-rata 3,8 dan persentase senilai 76% masuk dalam kategori baik. Sementara itu, kualitas akhlak siswa non-asrama mendapatkan skor total 91 dengan rata-rata 3,64, persentase senilai 73% dan masuk dalam kriteria baik. Adapun, perbandingan akhlak siswa asrama dengan non-asrama hanya 3% masuk dalam kategori persentase sangat sedikit sekali. Maka hipotesis yang diajukan sesuai dengan hasil penelitian, walaupun tidak mencapai taraf yang signifikan. Hal ini menunjukan peran asrama memiliki dampak positif yang sangat sedikit dan meningkatkan akhlak siswa bukanlah perkara mudah dan sekejap mata. Sebab peningkatan akhlak walupun dalam taraf yang sedikit itu sangat berharga untuk dijaga serta menambah harapan untuk meningkatkan potensi akhlak siswa lebih baik lagi serta masih banyak aspek yang bisa ditingkatkan oleh lembaga-lembaga tertentu melalui sistem asrama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: akhlak; asrama ; Pribadi Bilingual Boarding School Bandung
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Hasby Assidiqi
Date Deposited: 12 Nov 2019 06:22
Last Modified: 12 Nov 2019 06:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27160

Actions (login required)

View Item View Item