Analisis psikologis dan sosiologis dibalik doa Nabi Ibrahim a.s.

Komalasari, Desi (2019) Analisis psikologis dan sosiologis dibalik doa Nabi Ibrahim a.s. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini meneliti doa Nabi Ibrahim a.s. dengan pendekatan psikologis dan sosiologis. Hal ini dilatarbelakangi oleh suatu pernyataan bahwa doa merupakan suatu kebutuhan dasar manusia yang ingin terpenuhi harapannya, baik pada masa kini maupun pada masa yang akan datang. Manusia berdoa tidak terlepas dari adanya kebutuhan, baik yang materil maupun nonmateril, baik berupa fisik maupun nonfisik. Manusia berdoa juga dilatarbelakangi oleh adanya faktor yang mempengaruhi, seperti karena adanya faktor psikologis dan faktor msosiologis lingkungan sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana kondisi psikologis yang dialami Nabi Ibrahim a.s. ketika ia berdoa dan kondisi sosiologis lingkungan sekitar Nabi Ibrahim a.s. ketia ia berdoa serta kaitannya dengan kedua aspek tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dalam bentuk kajian pustaka atau library research, dengan pendekatan psikologi dan sosiologi. Pengumpulan data didapatkan dari proses membaca langsung kepada sumber primer yaitu Alquran dan data sekunder berupa literatur yang relavan denga penelitian ini. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim a.s. berkaitan dengan adanya kondisi psikologis dan sosiologis lingkungan masyarakat sekitar. Doa yang ia panjatkan tidak lepas dari adanya kebutuhan dan faktor yang melatarbelakangi atau yang memotivasinya untuk berdoa. Doa yang ia panjatkan merupakan dorongan dari dirinya sendiri dan dorongan dari lingkungan sosialnya. Doa Nabi Ibrahim a.s. yang berkaitan dengan kondisi psikologis adalah berkaitan dengan adanya kebutuhan, yaitu kebutuhan materil dan kebutuhan nonmateril. Kebutuhan tersebut seperti kebutuhan fisiologis, mkebutuhan rasa aman, kebutuhan dimiliki dan cinta, kebutuhan harga diri dan kebutuhan atualisasi diri. Adapun doa Nabi Ibrahim a.s. yang berkaitan dengan kondisi sosiologis adalag berkaitan dengan lingkungan sosialnya, seperti berkitan dengan sosial ekonomi, sosial mkeluarga, sosial keagamaan, sosial politik, dan sosial komunikasi, serta berkaitan dengan status sosial di dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Doa; Nabi Ibrahim a.s.; Psikologi; Sosiologi.
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Desi Komalasari
Date Deposited: 11 Nov 2019 07:51
Last Modified: 11 Nov 2019 07:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27145

Actions (login required)

View Item View Item