Peran dakwah dalam menanggulangi Patologi Sosial perjudian sabung ayam: studi peran Dai Kamtibmas dalam menanggulangi perjudian sabung ayam di Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis

Gunawansam, Gunawansam (2019) Peran dakwah dalam menanggulangi Patologi Sosial perjudian sabung ayam: studi peran Dai Kamtibmas dalam menanggulangi perjudian sabung ayam di Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah merupakan sesuatu hal yang sangat esensial dalam ajaran agama Islam sebab dengan berdakwahlah ajaran agama Islam dapat disampaikan kepada seluruh lapisan Ummat manusia baik yang sudah memeluk agama Islam maupun yang belum memeluk agama Islam namun sejalan dengan banyaknya tindakan-tindakan patologi sosial seperti perjudian sabung ayam dikecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis sampai saat ini, diharapkan dapat memberikan gambaran sejauhmana peran Dakwah oleh Dai Kambtibmas dalam rangka menyampaikan pesan-pesan dakwah untuk menangulangi patologi sosial hususnya perjudian tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana penyebab terjadinya Patologi sosial Sabung ayam, kemudian untuk mengetahui peran Dai Kambtibmas dalam menanggulangi Patologi sosial Perjudian sabung ayam dan pesan-pesan Dakwah yang disampaikan Dai Kambtibmas dalam menanggulangi Patologi sosial Perjudian Sabung ayam yang terjadi di Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya teori Deviasi yang menjelaskan tentang penyimpangan terhadap perbedaan dalam menentukan pelaku dan jenis perilaku atau kondisi yang dianggap menyimpang didalam Masyarakat, contoh perilaku masyarakat yang melakukan perjudian sabung ayam. Teori kontrol sosial, penyimpangan merupakan hasil dari kekosongan kontrol sosial atau pengendalian sosial. Teori ini dibangun atas dasar pandangan bahwa setiap manusia cenderung untuk tidak patuh pada Hukum dan memiliki dorongan untuk melakukan pelanggaran terhadap Hukum. Metode penelitianya Kualitatif yaitu metode penelitian yang berfokus pada pemahaman terhadap fenomena sosial yang terjadi di masyarakat, dengan menggunakan perspektif dari partisipan sebagai gambaran yang diutamakan dalam memperoleh hasil penelitian. Penelitian kualitatif merupakan suatu model penelitian yang bersifat humanistik, dimana manusia dalam penelitian ini ditempatkan sebagai subyek utama dalam suatu peristiwa sosial. Peran Dakwah dalam menangulangi Patologi Sosial Perjudian Sabung ayam yang dilakukan oleh Dai Kambtibmas pada perinsipnya memiliki peran yang sama seperti Dai pada umumnya, tetapi dalam beberapa hal yaitu pada penyampaian pesan-pesan Dakwahnya, disertai dengan ajakan dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban yang berkaitan dengan tugas pokok Kepolisian, yang bermula dari kerjasama atau kemitraan anatara pihak kepolisian Polres Ciamis dengan tokoh-tokoh agama yang berada wilayah Ciamis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: patologi sosial; perjudian; sabung ayam; kamtibmas
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Criminology
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: gunawansam gunawansam
Date Deposited: 12 Nov 2019 03:57
Last Modified: 12 Nov 2019 03:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27043

Actions (login required)

View Item View Item