Tradisi puasa sunnah enam hari pada Bulan Syawal: Studi living sunnah di Kampung Cikawung Desa Sukamanah Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat

Gifriani, Ghina (2019) Tradisi puasa sunnah enam hari pada Bulan Syawal: Studi living sunnah di Kampung Cikawung Desa Sukamanah Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Ghina Gifriani Azmiana Fikri ( 1151060021 ) : Tradisi Puasa Sunnah Enam Hari Pada Bulan Syawal (Studi Living Sunnah Di Kampung Cikawung Desa Sukamanah Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat) Hadis (sunnah) memiliki ajaran tentang puasa enam hari pada Bulan Syawal yang dijadikan sebagai sebuah tradisi di masyarakat Kampung Cikawung. Permasalahannya adalah bagaiamana pengetahuan dan pemahaman Kampung Cikawung mengenai hadis landasaan tradisi puasa syawal? Bagaimana pula pelaksanaan tradisi puasa enam hari pada Bulan Syawal di kampung Cikawung serta makna pekasanaan tradisi puasa syawal bagi masyarakat Kampung Cikawung. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat Kampung Cikawung terhadap hadis Nabi SAW (sunnah Nabi) mengenai puasa Syawal, dan mengetahui cara pelaksanaan dan waktu pelaksanaan tradisi puasa sunnah enam hari pada Bulan Syawal serta memaparkan makna masyarakat Kampung Cikawung dalam melaksankan tradisi puasa syawal tersebut. Sunnah Nabi SAW tentang puasa Syawal yang dipraktikkan dari masa kemasa akan membentuk tradisi di masyarakat sebagaimana terekspresikan dalam ujaran dan praktik, sehingga living sunnah dipandang relevan digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini bersifat kualitatif, menggunakan metode gabungan studi pustka dan lapangan dengan pendekatan living sunnah. Teknik pengumpulan data ditempuh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat nilai yang hidup dari ajaran Nabi SAW dalam tradisi Puasa sunnah enam hari pada Bulan Syawal di Kampung Cikawung. Dikarenakan beberapa masyarakat mengetahui dan memahami landasan tradisi puasa sunnah enam hari tersebut, dan praktik tradisi puasa sunnah enam hari pada bulan syawal seimbang dengan ajaran hadis Nabi SAW, serta makna pelaksanaan tradisi tersebut di masyarakat kampung Cikawung tidak menyeleweng dari ketentuan ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tradisi; puasa enam hari; syawal
Subjects: Al-Hadits dan yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Kumpulan Hadits Menurut Bidang Tertentu
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Hadits
Depositing User: ghifriani azmiana Fikri
Date Deposited: 08 Nov 2019 06:33
Last Modified: 08 Nov 2019 06:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27033

Actions (login required)

View Item View Item