Penerapan Model Task-Based Learning (TBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Momentum dan Impuls

Sutisna, Desy Sri Mulia (2019) Penerapan Model Task-Based Learning (TBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Momentum dan Impuls. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy

Abstract

Abad 21 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan dalam berpikir kritis agar mampu menghadapi tantangan perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menerapkan model Task-Based Learning (TBL) pada materi momentum dan impuls. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one group pretest and posttest. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Compreng Subang yang berjumlah 30 orang. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik sampling purposive. Data keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi dan data peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik diperoleh dari pretest dan posttest berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan aktivitas guru yaitu 86% dengan kategori sangat baik dan aktivitas peserta didik yaitu 82% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan nilai N-gain sebesar 0,68 menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik berkategori sedang. Serta berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh t_hitung=28,37 lebih besar dari t_tabel=2,04 〖(t〗_hitung>t_tabel) dengan taraf signifikansi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Task-Based Learning (TBL) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum dan impuls.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Task Based Learning (TBL); Keterampilan Berpikir Kritis; Momentum dan Impuls
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Desy Sri Mulia
Date Deposited: 07 Nov 2019 08:03
Last Modified: 07 Nov 2019 08:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27028

Actions (login required)

View Item View Item