Pengaruh pendekatan Saintifik dengan metode Sosiodrama terhadap kreativitas siswa pada materi sistem pencernaan manusia

Siti Rahayu, Lusi (2019) Pengaruh pendekatan Saintifik dengan metode Sosiodrama terhadap kreativitas siswa pada materi sistem pencernaan manusia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini memiliki latar belakang masih banyak siswa yang belum mencapai KKM dan kurangnya partisipasi aktif siswa dalam belajar IPA, sehingga membutuhkan metode pembelajaran yang inovatif yang juga mendukung siswa aktif belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dengan metode sosiodrama terhadap kreativitas siswa pada materi sistem pencernaan manusia. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan adalah soal esay untuk mengetahui kreativitas siswa dan angket untuk mengetahui respon siswa dalam belajar IPA. Penelitian dilakukan pada kelas VIII B dan VIII C SMP Al-Islam Bandung dengan pengambilan sampel secara random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas menggunakan metode sosiodrama dengan peningkatan kreativitas siswa sebesar 37,68 berkategori tinggi. Sedangkan kelas tanpa metode sosiodrama dengan peningkatan kreativitas sebesar 17,43 berkategori sedang. Berdasarkan hasil analisis tes akhir diperoleh pengujian hipotesis tes akhir dengan nilai thitung = 8,38 > ttabel = 2,00 pada taraf signifikasi 5%. Kreativitas siswa menggunakan pendekatan saintifik dengan metode sosiodrama memiliki rata-rata 4 dengan kualifikasi tinggi. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dengan metode sosiodrama dapat meningkatan kreativitas siswa pada materi sistem pencernaan manusia. ENGLISH : This research has a background that there are still many students who have not yet reached the KKM and the lack of active student participation in learning science, thus requiring innovative learning methods that also support students actively learning independently. This study aims to determine the effect of a scientific approach with the sociodrama method on student creativity on the material of the human digestive system. The method used is a quasi experiment with one group pretest-posttest design research design. The instrument used was an essay problem to determine student creativity and a questionnaire to determine student responses in learning science. The results showed that the class used the sociodrama method with an increase in student creativity by 37.68 in the high category. While the class without the sociodrama method with an increase in creativity was 17.43 in the moderate category. Based on the results of the final test analysis obtained by testing the hypothesis of the final test with a value of t = 8.38> t table = 2.00 at a significance level of 5%. Student creativity using a scientific approach to the sociodrama method has an average of 4 with high qualifications. It can be concluded that the scientific approach with the sociodrama method can increase student creativity in the material of the human digestive system.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendekatan Saintifik; metode Sosiodrama; kreativitas siswa; materi sistem pencernaan manusia;
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Lusi Siri Rahayu
Date Deposited: 18 Nov 2019 06:53
Last Modified: 18 Nov 2019 06:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26933

Actions (login required)

View Item View Item