Pengaruh dana pihak ketiga dan likuiditas (current ratio) terhadap total pembiayaan mudharabah : studi di PT. Bank Panin Dubai Syariah periode 2016-2018

Nurfauzi, Mohamad Rizal (2019) Pengaruh dana pihak ketiga dan likuiditas (current ratio) terhadap total pembiayaan mudharabah : studi di PT. Bank Panin Dubai Syariah periode 2016-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
8_daftarisi.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
12_bab1.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
13_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
14_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
15_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
16_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan ekonomi suatu Negara sangat memerlukan pola pengaturan pengelolaan sumber-sumber ekonomi yang tersedia secara terarah dan terpadu di manfaatkan bagi peningkatan kesejehteraan masyarakat. Berbagai lembaga perekonomian bahu-membahu mengelola dan menggerakan semua potensi ekonomi agar berhasil secara optimal, sehingga dapat memperoleh keuntungan secara berkala sesuai dengan apa tujuan dari didirikannya suatu bank. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisa pengaruh Dana Pihak Ketiga terhadap Total Pembiayaan Mudharabah pada Bank Panin Dubai Syariah secara parsial, (2) menganalisa pengaruh Likuiditas (Current Ratio) terhadap Total Pembiayaan Mudharabah pada Bank Panin Dubai Syariah secara parsial, (3) menganalisa pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Likuiditas (Current Ratio) terhadap Total Pembiayaan Mudharabah pada Bank Panin Dubai Syariah secara simultan. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan per triwulan periode 2016 - 2018. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browsing dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 20.0 dan microsoft excel 2013 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan secara parsial nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Dana Pihak Ketiga terhadap Pembiayaan Mudharabah adalah 0,255 atau 25,5% dan pengaruh Likuiditas (Current Ratio) terhadap Pembiayaan Mudharabah adalah 0,187 atau 18,7 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian secara simultan nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Likuiditas (Current Ratio) 0,260 atau 26% berpengaruh Pembiayaan Mudharabah, sedangkan sisanya 74% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil akhir diketahui bahwa Fhitung 1,579. Disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, artinya terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara Dana Pihak Ketiga dan Likuiditas (Current Ratio) terhadap Pembiayaan Mudharabah secara simultan pada Bank Panin Dubai Syrariah periode 2016-2018.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dana Pihak Ketiga; Likuiditas (Current Ratio); Pembiayaan Mudharabah;
Subjects: Financial Economics, Finance
Public Finance > Public Finance of Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Mohamad Rizal Nurfauzi
Date Deposited: 06 Nov 2019 06:48
Last Modified: 06 Nov 2019 06:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26911

Actions (login required)

View Item View Item