Bimbingan rohani islam terhadap motivasi hidup narapidana: Studi deskriptif kualitatif di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin Kelas 1

Munajah, Aripiyanti (2018) Bimbingan rohani islam terhadap motivasi hidup narapidana: Studi deskriptif kualitatif di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin Kelas 1. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy

Abstract

Narapidana adalah salah satu contoh manusia yang melakukan suatu tindakan menyimpang yang berupa tindakan kejahatan yang melanggar norma hukum yang berlaku di masyarakat. Diantaranya faktor penyebab seseorang melakukan suatu tindakan kejahatan karena kurang pengetahuan tentang agama atau mengetahui agama tetapi tidak mengaplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.Lembaga pemasyarakatan merupakan upaya pemeritah untuk melakukan penempatan narapidana. Keberadaan Lembaga pemasyarakatan bukan hanya sebagai tempat bagi narapidana untuk menjalankan hukuman, melainkan tempat untuk pembinaan keagamaan bagi narapidana. Salah satu bentuk pembinaanya dengan melakukan pendekatan dalam hal spritualnya, yaitu dengan melakukan bimbingan rohani. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan bimbingan rohani islam terhadap motivasi hidup narapidana di lembaga Permasyarakatan sukamiskin dan mengetahui bagaimana hasil dan pelaksanaan bimbingan rohani islam terhadap motivasi hidup narapidana di lembaga permasyarakatan sukamiskin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan. Adapun teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil yang di dapat dari penelitian ini mengenai proses bimbingan rohani Islam terhadap motivasi hidup narapidana yang dilakukan di lembaga pemasyarakatan sukamiskin Kelas I Bandung peran bimbingan rohani Islam terhadap motivasi hidup narapidana sangat tinggi, maka dari itu bimbingan rohani di lembaga pemasyarakatan Kelas I Sukamiskin Bandung terus ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan;Rohani Islam;Motivasi Hidup; Narapidana
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Religious Experiences
Religious Education
Criminal Law
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Aripiyanti Munajah
Date Deposited: 08 Nov 2019 06:20
Last Modified: 08 Nov 2019 06:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26889

Actions (login required)

View Item View Item