Penerapan Communicative Language Teaching (CLT) dalam meningkatan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia : Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Negeri 2 Kota Bandung

Rofik, Huda Nur (2019) Penerapan Communicative Language Teaching (CLT) dalam meningkatan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia : Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Negeri 2 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran tidak terlepas dari kegiatan berbicara, dengan kata lain berbicara merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pembelajaran berbicara adalah agar siswa dapat menggunakan bahasa secara lisan dengan baik dan benar. Namun pada kenyataannya keterampilan berbicara pada kegiatan belajar masih kurang maksimal, serta masih kurang mendapat perhatian. Hal ini disebabkan juga karena keterampilan berbicara tidak menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana keterampilan berbicara siswa di Kelas V MI Negeri 2 Kota Bandung sebelum diterapkan metode Communicative Language Teaching (CLT), 2) bagaimana proses pembelajaran metode Communicative Language Teaching (CLT) untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di Kelas V MI Negeri 2 Kota Bandung, 3) bagaimana kemampuan ketererampilan berbicara siswa setelah menggunakan metode Communicative Language Teaching (CLT) di Kelas V MI Negeri 2 Kota Bandung. Penerapan metode Communicative Language Teaching (CLT) diduga dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Metode pembelajaran ini menuntut siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran di dalam kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di MI Negeri 2 Kota Bandung dan berfokus pada siswa kelas V. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut 1) keterampilan berbicara siswa kelas V MI Negeri 2 Kota Bandung sebelum diterapkan metode Communicative Language Teaching (CLT) termasuk pada kategori sangat rendah dengan nilai rata-rata sebesar 50,9, 2) proses pembelajaran metode Communicative Language Teaching (CLT) pada siswa kelas V MI Negeri 2 Kota Bandung termasuk pada kategori cukup untuk aktivitas guru dengan persentase 68% dan aktivitas siswa dengan persentase 64% pada siklus I tindakan I, sedangkan aktivitas guru dan siswa termasuk pada kategori baik dengan persentase sebesar 75% aktivitas guru dan 72% untuk aktivitas siswa pada siklus I tindakan II. Pada siklus II tindakan I kegiatan guru dan siswa termasuk pada kategori sangat baik dengan persentase 90% untuk aktivitas guru dan 88% untuk aktivitas siswa. Sedangkan pada siklus II tindakan II kegiatan guru dan siswa termasuk kategori sangat baik dengan perolehan persentase 100% untuk kegiatan guru dan siswa, 3) keterampilan berbicara setelah menggunakan metode Communicative Language Teaching (CLT) termasuk pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 65,1 pada siklus I tindakan I, pada siklus I tindakan II siswa memperoleh nilai rata-rata 74,5 sedangkan pada siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,6 pada tindakan I dan 86,2 pada tindakan II. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan metode Communicative Language Teaching (CLT) dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Communicative Language Teaching (CLT); keterampilan berbicara; metode pembelajaran; pembelajaran bahasa Indonesia;
Subjects: Elementary Education > Language Skills for Elementary Education
Communications Telemunications
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: huda rofik
Date Deposited: 07 Nov 2019 03:59
Last Modified: 07 Nov 2019 03:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26881

Actions (login required)

View Item View Item