Perbandingan implementasi nilai-nilai karakter Islami santri: Penelitian di Pesantren Al Basyariyah dan Pesantren Daarul Qolam Bandung

Ramadhan, Hafiizh Muhammad (2019) Perbandingan implementasi nilai-nilai karakter Islami santri: Penelitian di Pesantren Al Basyariyah dan Pesantren Daarul Qolam Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (591kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy

Abstract

Di tengah kondisi krisis nilai dalam bidang pendidikan, pesantren merupakan alternatif yang perlu dikaji dan dijadikan contoh menerapkan nilai-nilai karakter Islami. Bagi pesnatren Al Basyariyah dan Daarul Qolam, nilai-nilai karakter Islami pesantren tidak hanya di dapat dalam proses belajar mengajar di kelas saja, melainkan juga dalam totalitas kegiatan dan kehidupan santri selama 24 jam penuh. Sistem seperti inilah yang di terapkan oleh kedua pesantren tersebut sebagai sarana membentuk karakter santri. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui nilai-nilai karakter Islami santri, 2. Untuk mengetahui program penanaman nilai-nilai karakter Islami santri, 3. Untuk mengetahui proses penanaman nilai-nilai karakter Islami santri, 4. Untuk mengetahui evaluasi penanaman nilai-nilai karakter Islami santri, 5. Untuk mengetahui persamaan dan perbedaan implementasi nilai-nilai karakter Islami santri pada kedua pesantren Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini menggunakan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pimpinan pondok, direktur, para ustadz, santri, dokumen dan galeri. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data memakai analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah 1. Nilai karakter Islami santri didua pesantren hampir sama, yang membedakannya adalah pada nilai kebebasan di Al Basyariyah dan nilai kemandirian di Daarul Qolam. 2. Program penanaman nilai karakter Islami santri pada dasarnya sama, perbedaannya terletak pada letak konsepnya. 3. Proses penanaman nilai-nilai karakter Islami santri didua pesantren tersebut pada dasarnya sama, dan tidak ada perbedaan yang mencolok. 4. Evaluasi penanaman nilai-nilai karakter Islami santri hampir sama didua pesantren, yang membedakannya terletak pada fokus dalam mengevaluasinya, pesantren Al Basyariyah lebih cendrung mengevaluasi aspek-aspek yang berada dilingkungan santri, sedangkan Daarul Qolam lebih cendrung mengevaluasi secara individual terutama dalam leadershipnya. 5. Dari beberapa komponen yang berhubungan dengan Implementasi nilai-nilai karakter Islami santri didua pesantren, terdapat persamaannya yakni makna nilai-nilai kepesantrenan dan sumber lahirnya nilai-nilai kepesantrenan, sedangkan perbedaannya terdapat pada sistem pembelajarannya yakni di Al Basyariyah menggunakan sistem “Integrated”. Sedangkan di Daarul Qolam menggunakan sistem “Non Integrated”.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Nilai; Karakter; Islami
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hafizh Muhammad Ramadhan
Date Deposited: 08 Nov 2019 06:09
Last Modified: 13 Jan 2022 08:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26849

Actions (login required)

View Item View Item