Pemahaman santri terhadap keutamaan shalat berjama'ah hubungannya dengan motivasi pelaksanaan shalat berjama'ah: penelitian terhadap santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Muawanah Cibiru Kp Lio Warunggede Cibiru Wetan-Cileunyi Kab.Bandung

Nurhalim, Dede (2019) Pemahaman santri terhadap keutamaan shalat berjama'ah hubungannya dengan motivasi pelaksanaan shalat berjama'ah: penelitian terhadap santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Muawanah Cibiru Kp Lio Warunggede Cibiru Wetan-Cileunyi Kab.Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah yang terjadi yaitu adanya kesenjangan yang antara pemahaman terhadap Kitab Tanqihul Qoul Hadits Bab Keutamaan Shalat Berjamaah yang dimiliki oleh santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Muawanah akan tetapi tidak dibarengi dengan motivasi dalam pelaksanaan shalat berjamaah, hal ini ditandai kurangnya kesadaran dan keinginan untuk lebih awal mengikuti shalat berjamaah, serta masih terdapat santri yang sengaja datang terlambat saat mengikuti shalat berjama’ah. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pemahaman Santri terhadap Kitab Matan Tanqihul Qoul Hadits Bab Keutamaan Shalat Berjamaah di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Muawanah 2) Motivasi Santri Pondok Pesantren Salafiyah Al-Muawanah dalam pelaksanaan shalat berjamaah 3) Hubungan antara pemahaman terhadap Kitab Matan Tanqihul Qoul Hadits Bab Keutamaan Shalat Berjamaah dengan motivasi pelaksanaan shalat berjamaah. Kerangka pemikiran dalam pelaksanaan shalat berjamaah dapat dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya ialah oleh pemahaman yang dimiliki oleh seseorang, sehingga dapat dibuat hipotesis sementara yaitu: Ha Adanya pengaruh hubungan antara pemahaman Kitab Matan Tanqihul Qoul Hadits Bab Keutamaan Shalat Berjamaah yang dimiliki oleh seorang santri dengan motivasi dalam pelaksanaan shalat berjamaah. Semakin tinggi pemahaman semakin tinggi pula motivasi mereka dalam perlaksanaan shalat. Dalam penelitian ini menggunakan penyelesaian masalah dengan motode deskriptif, dengan teknik penelitian pengumpulan pengukuran menggunakan tes pemahaman dan angket motivasi, serta pendekatan penelitian skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif dan menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan uji hipotesisnya bahwa (thitung > ttabel) (3,19>2,02). Maka pernyataan hipotesis (Ha) diterima tentang adanya hubungan kedua variabel memiliki korelasi yang signifikan. Besarnya pengaruh (variabel X) pemahaman santri terhadap Kitab Matan Tanqihul Qoul Hadits Bab Keutamaan Shalat Berjamaah terhadap motivasi pelaksanaan shalat berjamaah (variabel Y) adalah sebesar 11%, artinya bahwa selain pemahaman, motivasi pelaksanaan shalat berjamaah juga dipengaruhi oleh faktor lain yaitu sebesar 89%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pemahaman; motivasi
Subjects: Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives > Movement and Motor Functions
Ethics, Moral Philosophy
Islam
Islam > Islamic Religious Education
Education > Psychology of Education
Education > Miscellany of Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dede Nurhalim
Date Deposited: 05 Nov 2019 06:38
Last Modified: 05 Nov 2019 06:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26840

Actions (login required)

View Item View Item