Layanan informasi dalam bimbingan pribadi Untuk meningkatkan pengetahuan karir siswa kelas XII di MAN 2 Kota Bandung

Arief, Muhammad (2019) Layanan informasi dalam bimbingan pribadi Untuk meningkatkan pengetahuan karir siswa kelas XII di MAN 2 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy

Abstract

Manusia sebagai individu mengandung makna bahwa manusia itu berbeda satu sama lain. Manusia bersifat unik baik dalam cara berpikir, merasa, bercita maupun berprilaku. Manusia sebagai makhluk pribadi memiliki kebebasan dan mengembangkan diri ke arah yang lebih baik dan bermutu. Dalam menjalani kehidupan dan perkembangan karir dirinya. Individu memerlukan berbagai informasi baik untuk keperluan sehari-hari maupun untuk perencanaan karir ke depan. Individu bisa mengalami masalah dalam kehidupanya sehari-hari maupun dalam memenuhi kebutuhannya di masa depan, akibat tidak menguasai dan tidak mampu mengakses informasi. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Metode, Materi, Media, serta Perbedaan Sebelum dan Sesudah diberikannya Layanan Informasi dalam Bimbingan Pribadi untuk Meningkatkan Pengetahuan Karir Siswa kelas XII di MAN 2 Kota Bandung. Didasari pada teori Konseling Individual yaitu adanya bantuan konselor yang diberikan kepada perorangan dalam memecahkan masalah klien dengan wawancara tatap muka yang sesuai dengan keadaan yang dihadapi individu untuk mencapai kesejahteraan hidupnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif, yang menghasilkan data-data yang diperoleh dari objek penelitian dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dilakukan analisis dengan cara mendeskripsikan data dari informan, mereduksi data sesuai dengan kebutuhan penelitian kemudian dianalisis oleh penulis, dan disimpulkan untuk menjawab sebuah tujuan penelitian. Hasil dari penelitian mengenai pemberian layanan informasi dalam bimbingan pribadi untuk meningkatkan pengetahuan karir siswa berpengaruh positif terhadap pengetahuan karir, terlihat dari adanya perubahan dan peningkatan diantaranya banyak siswa sudah mengetahui rencana setelah lulus, menjadi mudah dalam pengambilan keputusan karir, mantap dalam menentukan jenjang karir selanjutnya, dan sudah mendapatkan informasi seputar layanan BK yang mampu membantu untuk meningkatkan pengetahuan karir dan diarahkan dalam mencapai masa depan oleh pembimbingnya. Hal ini tentu bisa menjadi sebuah tolak ukur keberhasilan dan evaluasi bagi seorang pembimbing untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan BK terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi; Bimbingan Pribadi; Pengetahuan Karir
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Arief Jabbar
Date Deposited: 05 Nov 2019 03:40
Last Modified: 05 Nov 2019 03:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26819

Actions (login required)

View Item View Item