Manajemen pengembangan peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dasar islam (SDI) Al-Amanah Kabupaten Bandung

Muhayda, Wilda (2019) Manajemen pengembangan peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dasar islam (SDI) Al-Amanah Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Badung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Wilda Muhayda : Manajemen Pengembangan Peserta Didik Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler (Penelitian di Sekolah Dasar Islam (SDI) Al-Amanah Kabupaten Bandung). Kegiatan ektrakurikuler adalah wahana pengembangan pribadi peserta didik melalui berbagai aktivitas. Sekolah Dasar Islam (SDI) Al-Amanah Kabupaten Bandung adalah lembaga yang memiliki dua puluh cabang ekstrakurikuler, diataranya : Futsal, Bulu Tangkis, Drumband, Tenis Meja, Seni Tari, Calistung, Seni Karawitan dan Pupuh, Angklung, Dokter Cilik, Club Bahasa, BTAQ, Tahfidz, Keramik, Vocal, Panahan, Fun Science, Basket Ball, Hand Made, Pramuka dan Cooking. Banyaknya jenis ekstrakurikuler mengakibatkan kurang meratanya pembagian peserta didik dalam setiap jenis ekstrakurikuler dan pembagian waktu kegiatan yang terkadang bentrok dengan jenis kegiatan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui latar alamiah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, faktor pendukung dan penghambat serta hasil yang dicapai dari manajemen pengembangan peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Dasar Islam (SDI) Al-Amanah Kabupaten Bandung. Kegiatan pengembangan diri melalui ekstrakurikuler bertujuan untuk menunjang pendidikan peserta didik dalam mengembangkan bakat, minat, kreativitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan kehidupan keagamaan, kemampuan sosial, kemampuan belajar, wawasan, karir, kemampuan memecahkan masalah dan mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Peneliti mendeskripsikan temuan-temuan dari fenomena yang terjadi di lapangan dengan menggunakan teknik pengamatan, wawancara, dan study dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa tahapan manajemen pengembangan peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Dasar Islam (SDI) Al-Amanah Kabupaten Bandung yang terdiri dari tahap perencanaan (planning) meliputi : penentuan jenis kegiatan ekstrakurikuler, jadwal, tujuan, dasar kegiatan, ketentuan kegiatan, rekruitmen pelatih, anggaran dan bentuk penilaian kegiatan. Tahap kedua meliputi pengorganisaisan (organizing) yakni kebijakan kepala sekolah dalam penentuan penempatan pelatih dan struktur kegiatan ekstrakurikuler. Tahap ke tiga pelaksanaan (actuating) yang meliputi pengkodisian siswa, tahapan kegiatan dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. Tahap ke empat tahap pengawasan (controlling) meliputi : evaluasi perminggu, pertengah semester, dan pertahun. Faktor pendukung dari kegiatan ekstrakurikuler yaitu semangat siswa dalam keikutsertaan kegiatan ekstrakurikuler terbukti dari kehadiran, serta komitmen para pelatih dalam menjalankan kewajibannya. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu belum legkapnya fasilitas penunjang kegiatan ekstrakurikuler. Hasil yang dicapai yaitu motivasi belajar peserta didik yang meningkat, dan berkat manajemen yang baik, sekolah dapat meraih banyak prestasi non akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pengembangan Peserta Didik; Ekstrakurikuler;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: wilda muhayda
Date Deposited: 13 Nov 2019 06:16
Last Modified: 13 Nov 2019 06:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26791

Actions (login required)

View Item View Item