Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Bowling Kampus untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa (Penelitian Eksperimen pada Pokok Bahasan Segi Empat di Kelas VII SMPN 7 Cilegon)

Nurlatifah Sari, Nurlatifah (1210205065) (2014) Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Bowling Kampus untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa (Penelitian Eksperimen pada Pokok Bahasan Segi Empat di Kelas VII SMPN 7 Cilegon). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)

Abstract

Kemampuan pemahaman matematik siswa dinilai masih rendah. Hal tersebut salah satunya disebabkan guru di sekolah cenderung menggunakan pembelajaran konvensional yang membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Sehingga diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi permasalah tersebut. Salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematik adalah dengan pembelajaran aktif tipe bowling kampus. Untuk mengarah pada tujuan tersebut, penelitian ini mengkaji: (a) Gambaran aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran aktif tipe bowling kampus; (b) Kemampuan pemahaman matematik siswa setelah memperoleh pembelajaran aktif tipe bowling kampus dan pembelajaran konvensional; (c) Peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa yang memperoleh pembelajaran aktif tipe bowling kampus dan pembelajaran konvensional; (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran aktif tipe bowling kampus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D dan VII-E di SMPN 7 Cilegon. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan nontes. Setelah dilaksanakan observasi, data dikaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (a) Gambaran aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan menjadi semakin baik (b) Kemampuan pemahaman matematik siswa setelah memperoleh pembelajaran aktif tipe bowling kampus dikategorikan cukup dan pembelajaran konvensional dikategorikan kurang; (c) Peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa yang memperoleh pembelajaran aktif tipe bowling kampus lebih baik daripada pembelajaran konvensional; (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran aktif tipe bowling kampus secara keseluruhan adalah positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aktif Tipe Bowling Kampus, Pemahaman Matematik, Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2017 02:15
Last Modified: 27 Mar 2017 05:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2676

Actions (login required)

View Item View Item