Pengembangan majalah Sains digital untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik pada materi pemanasan global

Warga, Resi Maryati (2019) Pengembangan majalah Sains digital untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik pada materi pemanasan global. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan majalah sains digital yang layak dijadikan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik pada materi pemanasan global, 2) mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan majalah sains digital pada materi pemanasan global, 3) mengetahui peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik setelah menggunakan majalah sains digital pada materi pemanasan global, dan 4) mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan majalah sains digital pada materi pemanasan global. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa 1) majalah sains digital layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi pemanasan global dengan nilai validitas rata-rata sebesar 89,2 dan berada dalam kategori baik, 2) keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan majalah sains digital pada materi pemanasan global terlaksana sangat baik dengan rata-rata persentase keterlaksanaan sebesar 88%, 3) penggunaan majalah sains digital pada materi pemanasan global dapat meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik secara signifikan dengan nilai n-gain rata-rata sebesar 0,434 dan berada dalam kategori sedang, dan 4) peserta didik memberikan respon baik terhadap penggunaan majalah sains digital pada materi pemanasan global dengan nilai rata-rata persentase respon sebesar 80,4%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa majalah sains digital layak digunakan sebagai media pembelajaran dan mampu meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik pada materi pemanasan global.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: majalah sains digital;kemampuan argumentasi ilmiah;pemanasan global
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computer Science Education
Science and Religion
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Resi Maryati Warga
Date Deposited: 01 Nov 2019 07:56
Last Modified: 01 Nov 2019 07:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26683

Actions (login required)

View Item View Item