Penerapan metode historis dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap moral siswa : Penelitian Kolerasi di Rumah Belajar As-Sholihat RT 01 RW 08 Cipadung

Heriana, Heriana (2019) Penerapan metode historis dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap moral siswa : Penelitian Kolerasi di Rumah Belajar As-Sholihat RT 01 RW 08 Cipadung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru sekaligus ketua yayasan Rumah Belajar As-Sholihat diperoleh informasi bahwasanya respon siswa terhadap metode historis sangat baik. Hal tersebut dilihat dari antusias siswa mengikuti pembelajaran. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan moral siswa, moral siswa sangat rendah. Hal ini terlihat dari pembiasaan sehari-hari, seperti kurang sopan santun, tutur kata tidak baik, melawan kepada guru, dan jarangnya memberikan salam terhadap guru. Penelitian ini berdasarkan pada rumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana realitas penerapan metode historis pada siswa di Rumah Belajar As-sholihat? Bagaimana realitas moral pada siswa di Rumah Belajar As-Sholihat? Bagaimana pengaruh penerapan metode historis terhadap moral siswa di Rumah belajar As-Sholihat? Secara teoritis, metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode historis. Metode hitoris memberikan dapat mempengaruhi moral siswa di Rumah Belajar As-Sholihat. Karena, metode historis ini disajikan seacara sederhana yang membuat siswa mudah mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan penelitian yang digukanan dalam penelitian ini adalah kuatitatif, dan metode yang digunakan adalah kolerasi yang menghubungkan antara metode historis terhadap pendidikan moral siswa. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu observasi, angket, studi pustaka, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis statistik dan analisis pustaka. Berdasarkan hasil nilai dari Variabel X 3,48. Nilai rata-rata tersebut apabila di klasifikasikan pada skala penilaian termasuk kategori Cukup karena ada pada interval (2,5 – 3,5), maka dapat disimpulkan penerapan Metode Historis di Rumah Belajar As-Sholihat katagori cukup. Berdasarkan hasil nilai dari Variabel 3,18. Nilai rata-rata tersebut apabila di klasifikasikan pada skala penilaian termasuk kategori Cukup karena ada pada interval (2,5 – 3,5), maka dapat disimpulkan moral siswa di Rumah Belajar As-Sholihat katagori Cukup Berdasarkan hasil penelitian realitas hubungan penerapan metode historis terhadap pembelajaran Sejarah Islam terhadap Pendidikan Moral positif . Hasil dari penghitungan t_hitung 3,15 dan t_tabel 2,004. Karena t_hitung=3,15>t_tabel=2,004, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan penerapan metode historis memeberikan pengaruh terhadap pendidikan moral kepada siswa Rumah Belajar As-Sholihat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Historis;Moral Siswa;
Subjects: Ethics, Moral Philosophy
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heriana Heriana
Date Deposited: 31 Oct 2019 03:45
Last Modified: 31 Oct 2019 03:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26602

Actions (login required)

View Item View Item