Tinjauan pemikiran Al-Ghazali terhadap spiritualitas pelaku nikah muda: Studi kasus Desa Ancolmekar Kecamatan Arjasari Kabutapen Bandung

Aulia, Irma Ervina (2019) Tinjauan pemikiran Al-Ghazali terhadap spiritualitas pelaku nikah muda: Studi kasus Desa Ancolmekar Kecamatan Arjasari Kabutapen Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (966kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena yang masih di anggap kontroversi di kalangan masyarakat, perubahan zaman yang sekarang menjadi zaman yang maju akan berbagai bidang, belum sepenuhnya mampu mengubah pemikiran masyarakat awam menjadi masyarakat yang modern. Fenomena pernikahan usia muda masih sering menjadi budaya di berbagai wilayah terpecil di Indonesia. Salah satunya di Desa AncolMekar kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung yang masyarakatnya masih melakukan pernikahan pada usia muda. Pemahaman masyarakat yang minim terhadap berbagai dampak yang dapat di timbulkan oleh pernikahan ini khususnya dari segi spiritualitas atau pemahaman keagamaan dapat berpengaruh terhadap kualiatas spiritual seseorang. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keadaan spiritualitas Pelaku Nikah Mudan dan Bagaimana Tinjauan Pemikiran Al-Ghazali Terhadap Keadaan Spirtualitas Pelaku Nikah Muda. penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dan metode yang di gunakan adalah metode kulitatif yaitu mengdeskriptifkan atau menggambarkan suatu kejadian sehingga dapat menganalisi kejadian tersebut dengan teori yang telah di tentukan. Hasil penelitian ini ialah konsep spiritualitas yang merupakan buah piker dari Al-Ghazali dan tertera pada kitab ihya ‘ulumuddin menunjukan bahwa spiritualitas mencakup seluruh aspek kehidupan mansuia, salah satunya mengenai pernikahan. Spirtualitas dalam suatu pernikahan merupakan pembekalan terhadap diri individu yang mengacu kepada pembentukan keharmonisan dalam hubungan baik dengan dirinya, dengan sesama manusia dan lingkungan sekitar maupun dengan Allah Swt. pada kenyataanya menurut hasil penelitian pelaku nikah muda belum dapat mengimplemenatasikan nilai-nilai spirtualitas ke dalam dirinya. Hal ini yang mengnyimpulkan bahwa keadaan spiritualitas pelaku nikah muda sangat rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pernikahan Usia Muda; Spiritualitas;
Subjects: Theory of Philosophy
Spiritual Beings
Religious Education
Spiritual Renewal
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: irma ervina aulia
Date Deposited: 31 Oct 2019 07:47
Last Modified: 31 Oct 2019 07:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26591

Actions (login required)

View Item View Item