Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Tekanan

Ermy Syofyanti, Ermy (1210207029) (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Tekanan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (840kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)

Abstract

Berdasarkan observasi di MTsN Cikalong Wetan ternyata keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fisika masih rendah. Model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk masalah tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks pada materi tekanan dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks pada materi tekanan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dan desain penelitian one group pretest-posttest. Populasinya adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah delapan kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling dimana sempel yang diambil adalah kelas VIII-B sebanyak 40 siswa. Data mengenai keterlaksanaan guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui tes soal uraian dan LKS. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan aktivitas guru dan siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran Pair Checks mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya dengan rata-rata aktivitas guru sebesar 81% dengan kategori sangat baik dan aktivitas siswa sebesar 82,10% dengan kategori sangat baik. Keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Pair Checks mengalami peningkatan sebesar 0,50 dengan kategori sedang. Dengan demikian model pembelajaran Pair Checks dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks, Keterampilan Berpikir Kritis, Materi Tekanan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 01:14
Last Modified: 30 Mar 2017 05:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2659

Actions (login required)

View Item View Item