Strategi media relations humas BKKBN sebagai upaya membangun citra positif: Studi deskriptif pada Humas Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat

Irmalatunisa, Hilma (2019) Strategi media relations humas BKKBN sebagai upaya membangun citra positif: Studi deskriptif pada Humas Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Perkembangan teknologi saat ini membuat media massa menyebarkan informasi secara luas dalam waktu yang singkat kepada masyarakat. Media massa juga dapat membentuk opini masyarakat luas yang akan memberikan dampak baik itu negatif maupun positif karena publik dapat mengetahui kejadian yang tengah terjadi melalui pemberitaan dari media. Seorang Humas juga harus memiliki strategi dalam membangun hubungan dengan media agar pemberitaan media dapat terkontrol dengan baik sehingga citra lembaga tetap terjaga. Penelitian ini menjelaskan bagaimana Humas BKKBN mengelola relasi dengan media massa, mengembangkan strategi media relations dan membangun jaringan dengan media massa sebagai upaya membangun citra positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi media relations yang dilakukan oleh Humas BKKBN. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep Strategi Media Relations yang dikemukakan oleh Yosal Iriantara yang menjelaskan tiga konsep strategi yang dilakukan dalam melakukan hubungan dengan media yaitu mengelola relasi, mengembangkan strategi dan mengembangkan jaringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi deskriptif dimana dalam penelitian ini peneliti menjabarkan strategi media relations yang dilakukan oleh BKKBN Jawa Barat dalam bentuk deskripsi. Data diperoleh peneliti melalui wawancara mendalam, dan observasi. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa strategi yang digunakan oleh BKKBN dalam membangun hubungan dengan media sebagai upaya membangun citra positif adalah dengan mengelola relasi dengan media massa, mengembangkan strategi, dan mengembangkan jaringan. Dalam upaya mengelola relasi dengan media, BKKBN melakukan beberapa kegiatan yaitu media gathering, konferensi pers, press release, dan press tour. Kemudian dalam mengembangkan strategi, BKKBN memberikan apa yang media butuhkan seperti menyediakan fasilitas dan data atau informasi kepada wartawan. BKKBN juga membangun jaringan dengan organisasi-organisasi media, seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat, Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), dan lain sebagainya. BKKBN Jawa Barat menjalin hubungan dengan beberapa media massa, baik media cetak , media elektronik dan media online di Jawa Barat. Selain membangun hubungan dengan institusi media massa itu sendiri, BKKBN juga membangun hubungan dengan wartawan dari media massa tersebut secara personal guna mempererat hubungan diantara keduanya. ENGLISH: The development of technology now makes the mass media disseminate information widely in a short time to the public. The mass media can also form broad public opinion that will have both negative and positive impacts because the public can know what is happening through news from the media. A PR must also have a strategy in building relationships with the media so that media coverage can be controlled properly so that the image of the institution is maintained. This research explains how BKKBN Public Relations manages relations with mass media, develops media relations strategies and builds networks with mass media in an effort to build a positive image. The purpose of this study was to determine the media relations strategy carried out by the BKKBN Public Relations. The concept used in this research is the concept of Media Relations Strategy proposed by Yosal Iriantara, which explains the three concepts of strategy undertaken in relations with the media, namely managing relations, developing strategies and developing networks. The method used in this research is descriptive study method in which the researcher describes the media relations strategy carried out by the West Java BKKBN in the form of a description. Data obtained by researchers through in-depth interviews, and observations. The results of this study illustrate that the strategy used by BKKBN in building relationships with the media as an effort to build a positive image is to manage relationships with the mass media, develop strategies, and develop networks. In an effort to manage relations with the media, BKKBN conducted several activities, namely media gathering, press conferences, press releases, and press tours. Then in developing strategies, BKKBN provides what the media need, such as providing facilities and data or information to journalists. BKKBN also built networks with media organizations, such as the West Java Indonesian Journalists Association (PWI), the Indonesian National Private Broadcast Radio Association (PRSSNI), and so on. West Java BKKBN establishes relations with several mass media, both print media, electronic media and online media in West Java. In addition to building relationships with the mass media institutions themselves, the BKKBN also builds relationships with journalists from the mass media personally in order to strengthen relations between the two.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Relations; Citra Positif; BKKBN Jawa Barat
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Process > Public Opinion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Hilma Irmalatunisa
Date Deposited: 04 Nov 2019 06:25
Last Modified: 04 Nov 2019 06:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26589

Actions (login required)

View Item View Item