Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Gerak Lurus

Dzikri Imaduddin, Dzikri (1210207024) (2014) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Gerak Lurus. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB III)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MA Putri PUI Talaga, terdapat fakta bahwa sebagian siswa masih tergolong rendah dalam beberapa aspek pemahaman konsep. Hal tersebut terbukti dari rata-rata hasil tes pemahaman konsep siswa pada materi gerak lurus, beberapa siswa belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Untuk mengatasi permasalahan tersebut, model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dapat dijadikan suatu alternatif yang dapat diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dan peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di kelas X-IPA MA Putri PUI Talaga .Aspek pemahaman konsep siswa yang yang di ukur dalam penelitian ini yaitu menafsirkan, mencontohkan, mengklasifikasikan, merangkum, menyimpulkan, membandingkan, dan menjelaskan. Dengan instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan model kooperatif tipe artikulasi dan tes pemahaman konsep siswa berbentuk uraian sebanyak 7 butir soal. Persentase keterlaksanaan model kooperatif tipe artikulasi setiap pertemuan meningkat dengan rata-rata keterlaksanaan 98%. Hasil perhitungan dengan uji Wilcoxon menunjukan bahwa pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dengan Zhitung (3,92) > ZTabel (1,96). Rata-rata peningkatan pemahaman konsep siswa ditunjukkan oleh indeks N-Gain sebesar 0,67 yang termasuk kategori sedang. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dapat dijadikan sebagai model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi, Pemahaman konsep siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2017 03:29
Last Modified: 30 Mar 2017 09:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2657

Actions (login required)

View Item View Item