Penerapan model pembelajaran Real Engagement in Active Problem Solving (REAPS) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi momentum dan impuls

Rahmatuloh, Dian (2019) Penerapan model pembelajaran Real Engagement in Active Problem Solving (REAPS) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi momentum dan impuls. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik pada abad ke-21. Keterampilan pemecahan masalah dapat dilatih dengan menerapkan model pembelajaran Reap Engagement in Active Problem Solving (REAPS) dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan tahapan model pembelajaran REAPS dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran REAPS pada materi momentum dan impuls. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pre-experimental dan tipe desain one group pretest posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas XI MIA 1 MAN 1 Kota Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar kerja peserta didik, dan tes keterampilan pemecahan masalah. Hasil analisis lembar observasi menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan aktivitas guru selama tiga pertemuan adalah 78% yang berada dalam kategori tinggi dan persentase keterlaksaan peserta didik sebesar 73% yang berada dalam kategori tinggi. Hasil analisis instrumen tes keterampilan pemecahan masalah menunjukkan bahwa nilai N-gain yang didapatkan adalah 0,67 yang berada dalam kategori sedang. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji t memperoleh nilai thitung sebesar 30,26 dan nilai t tabel adalah 2,04. Nilai thitung lebih besar dari ttabel yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran REAPS pada materi momentum dan impuls

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Real Engagement in Active Problem Solving (REAPS); keterampilan pemecahan masalah; momentum; impuls;
Subjects: Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dian Rahmatuloh
Date Deposited: 31 Oct 2019 07:32
Last Modified: 31 Oct 2019 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26559

Actions (login required)

View Item View Item