Penerapan metode Maqdis pada pembelajaran Tahsin Alquran: Studi di SMP Al-Amanah Cinunuk Bandung

Hidayat, Zakiyah Lu'luatul Fuadie (2019) Penerapan metode Maqdis pada pembelajaran Tahsin Alquran: Studi di SMP Al-Amanah Cinunuk Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (861kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy

Abstract

Alquran sebagai pedoman hidup kita, wajib kita baca, kita tadabburi dan kita amalkan. Dalam membaca Alquran, kita wajib membacanya dengan bacaan yang sebagus-bagusnya, baik itu dengan tajwidnya maupun juga dengan irama saat membacanya. Sebagaimana kita ketahui bahwa SMP Al-Amanah menerapkan pembelajaran tahsin Alquran dengan metode Maqdis sehingga mempermudah siswa-siswi dalam pembelajaran tahsin Alquran. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1). Pengertian metode maqdis, Proses Pembelajaran Tahsin Alquran dengan Menggunakan Metode Maqdis, (3). Hasil yang diperoleh dari Penerapan Metode Maqdis yang ada di SMP Al-Amanah Cinunuk Bandung. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis dekskriptif analitik, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. SMP Al-Amanah Cinunuk Bandung merupakan sekolah umum yang di dalamnya mempelajari tentang Alquran yang menggunakan metode Ma’had Alquran dan Dirosat Islamiah atau yang di kenal dengan metode Maqdis, metode tersebut mempunyai 7 jurus unik dan asyik yaitu Jurus membaca tanda-tanda panjang (mad), Jurus I “Di aayun aajah”, Jurus 2 “Lamaaaa-in aajah”, Jurus 3 “Lamaaaaaak-kan aajah”, Jurus 4 “Abaikan (dibuang) aajah”, Jurus 5 “Ditahann-naa lamma/Lamm-ma ditahann-naa”, Jurus 6 “Pantulkan aj-jah”, Jurus 7 “Fathah Buka a-a, Kasrah Tarik i-i. Dammah Maju u-u = aa-ii-uu”. Kemudian metode maqdis yang sudah diterapkan di SMP Al-Amanah Cinunuk Bandung berhasil di terima dengan baik oleh siswa-siswa khususnys kelas 7, karena materi yang mudah di fahami serta jurus-jurus unik dan asyik tersebut mereka dapat menerapkan dengan baik dan mudah ketika membaca Alquran. kemudian nada membaca Alquran mereka pun berubah menjadi nada khas maqdis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Maqdis; Pembelajaran Tahsin Alquran
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Zakiyah Lu'luatul Fuadie Hidayat
Date Deposited: 31 Oct 2019 03:11
Last Modified: 31 Oct 2019 03:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26558

Actions (login required)

View Item View Item