Pengaruh perbandingan media tanam endapan lumpur kolam ikan dengan arang sekam dan konsentrasi pupuk pelengkap cair terhadap tanaman Mentimun Jepang varietas Roberto

Juliyanti, Neng Sri (2019) Pengaruh perbandingan media tanam endapan lumpur kolam ikan dengan arang sekam dan konsentrasi pupuk pelengkap cair terhadap tanaman Mentimun Jepang varietas Roberto. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Konsumsi mentimun jepang menurut data Badan Pusat Statistik (2014) di Indonesia mencapai 1.406 t tahun-1. Penggunaan lumpur kolam ikan dengan arang sekam dan pupuk pelengkap cair menjadi alternatif upaya untuk meningkatkan produksi mentimun jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh interaksi antara media tanam endapan lumpur kolam ikan dengan arang sekam dan pupuk pelengkap cair terhadap tanaman mentimun jepang. Percobaan ini dilaksanakan di Jl.Tugu Selatan, Cisarua, Bogor, menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK), dua faktor perlakuan dan tiga ulangan. Faktor pertama adalah perbandingan lumpur kolam ikan dengan arang sekam yang terdiri dari 4 taraf yaitu: m1= 1:1 endapan lumpur dan arang sekam, m2= 1:2 endapan lumpur dan arang sekam, m3 = 1:3 endapan lumpur dan arang sekam, m4= 1:4 endapan lumpur dan arang sekam. Faktor ke dua adalah pupuk pelengkap cair dengan 4 taraf kosentrasi yaitu: c0= 0 g l -1 air, c1= 2,5 g l-1 air, c2 = 5 g l-1 air, c3= 7,5 g l-1 air. Untuk menguji keragaman antara perlakuan dilakukan uji F taraf nyata 5% dan dilanjutkan dengan uji Lanjutan Jarak Berganda Duncan. Hasil percobaan menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi antara endapan lumpur kolam ikan dengan arang sekam dan pupuk pelengkap cair terhadap hampir semua parameter yang diamati, interaksi hanya terjadi pada parameter tinggi tanaman mentimun jepang pada saat 28, 35 dan 42HST dengan taraf perlakuan kombinasi m2c3 (1:2 endapan lumpur kolam ikan dengan arang sekam dan 7,5 g l-1 air). Taraf perlakuan m2 (1:2 endapan lumpur kolam ikan dengan arang sekam) berpengaruh baik terhadap panjang buah, diameter buah, dan bobot buah. Perlakuan c3 (7,5 g l-1 air) berpengaruh baik terhadap tinggi tanaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Arang Sekam; Endapan Lumpur Kolam Ikan; Pupuk Pelengkap Cair; Mentimun Jepang
Subjects: Specific Topics of Plants
Specific Topics of Plants > Plant Ecology
Plant Injuries > Plant Diseases
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Neng Sri Juliyanti
Date Deposited: 30 Oct 2019 08:11
Last Modified: 30 Oct 2019 08:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26552

Actions (login required)

View Item View Item