Pengaruh model pembelajaran Process-Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan

Fitriani, Mega (2019) Pengaruh model pembelajaran Process-Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa, maka model pembelajaran POGIL diterapkan agar keterampilan berpikir kritis siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi esperimen. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, tes keterampilan berpikir kritis siswa dan angket. Hasil penelitian menunjukan keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan model POGIL berjalan sangat baik, sedangkan keterlaksanaan pembelajaran tanpa model POGIL adalah baik. Keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen meningkat dengan N-Gain 0,54 dengan kategori sedang, pada kelas kontrol sebesar 0,22 dengan kategori rendah. Hasil uji t menunjukan pembelajaran dengan model POGIL berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan model POGIL memiliki nilai rata-rata 3,86% dengan kategori tinggi, sedangkan respon siswa tanpa menggunakan model POGIL memiliki nilai rata-rata 3,5% dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; POGIL; Kemampuan Berpikir Kritis;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Mega Fitriani
Date Deposited: 31 Oct 2019 02:16
Last Modified: 31 Oct 2019 02:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26547

Actions (login required)

View Item View Item