Implementasi kebijakan penilaian kinerja pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Bandung pada Dinas Penataan Ruang Kota Bandung Tahun 2017

Saodah, Cici (2019) Implementasi kebijakan penilaian kinerja pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Bandung pada Dinas Penataan Ruang Kota Bandung Tahun 2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan penilaian kinerja pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Bandung, bertujuan untuk meningkatkan disiplin para pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Bandung. Penilaian Kinerja dilakukan berdasarkan perencanaan kinerja pada tingkat individu dan tingkat unit atau organisasi, dengan memperhatikan target, capaian, hasil dan manfaat yang dicapai serta perilaku pegawai. Salah satu aspek penilaian kinerja pegawai adalah capaian serapan anggaran. Capaian penyerapan anggaran belanja pada Dinas Penataan Ruang Kota Bandung Tahun 2017 hanya mencapai 65,79%. Hal ini menyebabkan beberapa program tidak tercapai yang memengaruhi proses implementasi kebijakan penilaian kinerja pegawai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan penilaian kinerja pegawai pada Dinas Penataan Ruang Kota Bandung; mengetahui faktor eksternal dalam mendorong keberhasilan pelaksanaan kebijakan penilaian kinerja pegawai pada Dinas Penataan Ruang Kota Bandung; dan untuk mengetahui peran sumberdaya dalam melaksanakan kebijakan penilaian kinerja pegawai pada Dinas Penataan Ruang Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan model Van Metter dan Van Horn yang mengatakan bahwa ada enam variabel yang dapat mempengaruhi kinerja implementasi kebijakan public yaitu ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, sikap/kecenderungan para pelaksana, komunikasi antar organisasi dan aktivitas pelaksana, lingkungan ekonomi, sosial, dan politik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif berbentuk kata, kalimat, untuk mendeskripsikan kondisi yang terjadi mengenai implementasi kebijakan penilaian kinerja pegawai di lingkungan pemerintah kota Bandung. Untuk memperoleh informasi yang diperlukan, penulis melakukan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kebijakan penilaian kinerja pegawai dilingkungan pemerintah Kota Bandung pada Dinas Penataan Ruang Kota Bandung Tahun 2017 sudah berjalan cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian bahwa berdasarkan enam dimensi pada model implementasi kebijakan yang terdiri dari ukuran dan tujuan kebijakan, sumberdaya, karakteristik organisasi pelaksana, komunikasi antar organisasi, sikap atau kecenderungan pelaksana, dan lingkungan social, politik, ekonomi telah dilaksanakan cukup baik, namun ada beberapa hal yang mengalami permasalahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Kebijakan; Penilaian Kinerja;
Subjects: Public Administration
Specific Field of Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Cici Saodah Maryam
Date Deposited: 30 Oct 2019 07:09
Last Modified: 30 Oct 2019 07:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26463

Actions (login required)

View Item View Item