Keabsahan transaksi jual beli online di situs Bukalapak menurut Kitab Undang Undang Hukum Perdata dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah

Saleh, Amir Nurdin (2019) Keabsahan transaksi jual beli online di situs Bukalapak menurut Kitab Undang Undang Hukum Perdata dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy

Abstract

Jual Beli merupakan salah satu jenis transaksi yang diatur dalam KUHPerdata dan KHES. Dengan peraturan yang telah berlaku, Adanya suatu larangan terhadap setiap transaksi yang mengandung unsur ketidakjelasan, sebagai dari masalah tersebut sehingga transaksi yang diperjual belikan harus memenuhi syarat kriteria halal. dengan demikian transaksi jual beli dapat dilakukan, ini merupakan salah satu jenis perjanjian yang diatur dalam KUHPerdata, KHES dan perlindungan terhadap konsumen, Jual Beli Online merupakan salah satu proses melalaui jaringan Internet. salah satunya Bukalapak sebagai e-commerce pada saat ini. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk dapat mengetahui syarat-syarat dan ketentuan transaksi jual-beli online didalam situs Bukalapak. 2) Untuk dapat mengetahui persamaan dan perbedaan Transaksi Jual beli online dalam tinjuan Kitab Undang-undang Hukum Perdata dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. 3) Untuk dapat mengetahui landasan hukum terhadap keabsahan transaksi jual beli online disitus bukalapak menurut KUHPerdata dan KHES. Penelitian ini berangkat dari teori mashlahah mursalah, sebagai metode dalam pengambilan hukum, dan metode qiyas sebagai metode pendekatan aturan terdahulu kepada aturan sekarang yang belum jelas nash nya dalam KHES, sedangkan dalam KUHPerdata menggunakan teori saat terjadinya perjanjian, teori adanya kehendak, pengiriman, pengetahuan, dan teori kepercayaan. Metode yang digunakan menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan komparatif, maka penelitian dikategorikan penelitian library research (kajian kepustakaan). Dengan menggunakan pendekatan yuridis normative (pendekatan undang-undang). Hasil Penelitian Ini Menunjukan: (1) Landasan hukum terhadap keabsahan transaksi jual beli online di situs bukalapak. tidak terlepas dari Buku III KUHPerdata terhadap asas kebebasan berkontrak yang sudah sesuai dalam transaksi online, sedangakan dalam KHES produk fiqh sebagai metode ijtihad yang bersifat zanni, dengan demikian segala sesuatu yang bermanfaat bagi manusia kemashlahatan dan menolak kemudharatan. (2) Sedangkan dalam KUHPer itu sah sebagaimana yang telah diatur dalam pasal 1338 KUHPerdata tentang asas kebebasan berkontrak, Sedangkan keabsahan dari transaksi jual beli online dalam KHES terdapat sebagai dasar hukum dalam Al-quran Surah Al-Baqarah ayat 282, dengan metode mashlahat murshalah sebagai pengambilan hukum, diqiyaskan dengan akad ba’i salam dalam pasal 101 KHES. (3) Transaksi yang dilakukan di bukalapak terdapat persamaan dan perbedaan antara KUHPer dan KHES. persamaanya: 1) terbentuknya kata kesepakatan yang menimbulkan hubungan Hukum, 2) terhindar dari paksaan dan unsur penipuan, 3) menjelaskan tentang kecakapan para pihak untuk membuat perjanjian, 4) Obyek transaksi jual beli atau akad jual beli yaitu obyek nya harus tertentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keabsahan; Jualbeli; Bukalapak
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum
Depositing User: Amir Nurdin Saleh
Date Deposited: 30 Oct 2019 08:52
Last Modified: 30 Oct 2019 08:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26447

Actions (login required)

View Item View Item