Penggunaan Aplikasi Tracker untuk meningkatkan keterampilan generik sains pada materi Hukum Newton

Umar, Fini Alfionita (2019) Penggunaan Aplikasi Tracker untuk meningkatkan keterampilan generik sains pada materi Hukum Newton. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran yang berbasis komputer dan gadget semakin berkembang dan beragam. Penggunaan komputer (personal computer) untuk peningkatan proses dan hasil pembelajaran dalam bidang fisika dapat dibantu dengan menggunakan aplikasi, salah satunya adalah aplikasi tracker video analysis. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan keterampilan generik sains peserta didik setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi tracker pada materi hukum Newton dan mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi tracker pada materi hukum Newton. Metode yang digunakan yaitu metode pre experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Subjek penelitian sebanyak 31 peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Karya Budi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan keterampilan generik sains peserta didik setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi tracker pada materi hukum Newton termasuk dalam kategori sedang, (2) peserta didik merespon positif pembelajaran dengan menggunakan aplikasi tracker pada materi hukum Newton. Hal ini ditandai dengan sebesar 54,4% rata-rata peserta didik menjawab setuju pada setiap pernyataan yang ada pada angket.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tracker; Keterampilan Generik Sains; Hukum Newton
Subjects: Education
Classical Mechanics, Solid Mechanics > Solid Dinamics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Fini Alfionita Umar
Date Deposited: 29 Oct 2019 04:07
Last Modified: 29 Oct 2019 04:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26347

Actions (login required)

View Item View Item