Pengaruh pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering, Matematics (STEM) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan

Nur Afifah, Shofia (2019) Pengaruh pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering, Matematics (STEM) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_absrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif dipandang mampu membuat siswa memiliki banyak cara dalam menyelesaikan berbagai persoalan dengan berbagai persepsi dan konsep yang berbeda. Namun faktanya keterampilan berpikir kreatif jarang dilatih. Pembelajaran berbasis STEM datang sebagai salah satu bentuk reformasi pendidikan untuk dapat meningkatkan berbagai keterampilan Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan keterlaksanaan pembelajaran berbasis STEM, menganalisis keterampilan berpikir kreatif siswa serta mendeksripsikan respon siswa terhadap pembelajaran berbasis STEM pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Nonequivalen Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes uraian keterampilan berpikir kreatif (pretest dan posttest), dan angket. Rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 93% dengan kategori sangat baik, rata-rata keterlaksanaan aktivitas siswa sebesar 80,9% dengan kategori baik. Keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis STEM diperoleh nilai rata-rata pretest 38,23, rata-rata posttest 70,53 dan gain 32 dengan kategori sedang. Respon siswa terhadap pembelajaran berbasis STEM pada materi pencemaran lingkungan tergolong pada kategori tinggi dengan persentase 85,15%. Maka Pembelajaran Berbasis STEM berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan dengan nilai thitung (4.78) > ttabel (1.67).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis STEM; Keterampilan Berpikir Kreatif; Pencemaran Lingkungan.
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: shofia nur afifah
Date Deposited: 28 Oct 2019 01:51
Last Modified: 28 Oct 2019 01:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26312

Actions (login required)

View Item View Item