Manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan pemasaran pendidikan Madrasah

wahiddin, dindin (2019) Manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan pemasaran pendidikan Madrasah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abtsrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi geografis madrasah yang jauh dari masyarakat serta bagaimana peran Humas dalam memasarkan Pendidikannya dengan kondisi Madrasah yang jauh dari masyarakat. Sejauh ini Madrasah Aliyah Al-Falah II sudah menjalin komunikasi dan memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Manajemen Hubungan Masyarakat dalam meningkatkan Pemasaran Pendidikan Madrasah di Madrasah Aliyah Al-Falah II, mulai dari Latar Alamiah, Perencanaan program kerja, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengawasan, faktor penghambat dan penunjang, dan Hasil yang dicapai dari Humas Madrasah Aliyah Al-Falah II. konsentrasi dari tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Manajemen Hubungan Masyarakat Madrasah Aliyah Al-Falah II. Penelitian ini berangkat dari pemikiran Fungsi Manajemen dari G. R. Terry yang terdiri atas Perencanaan Hubungan Masyarakat, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Pengawasan. Keberhasilan sebuah konsep manajemen di lembaga Pendidikan akan berhasil, jika konsep manajemen dilaksanakan secara optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan teknik menyalin atau dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan unitisasi, katagorisasi data dan penafsiran data dengan tujuan deskripsi semata-mata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen Hubungan Masyarakat Madrasah Aliyah Al-Falah II telah berjalan dengan baik, dengan proses (1) perencanaan yang dilakukan Wakil Kepala bidang Humas dibantu oleh Kepala Madrasah agar tindakan dalam merencanakan perumusan program dan tujuan sesuai dengan aturan yang ditetapkan, (2) Pengorganisasian humas dilakukan bersifat kolaboratif dengan melibatkan seluruh staff dan Kepala Madrasah, (3) Pelaksanaan Humas dilakukan dengan melaksanakan program internal dan eksternal Humas, (4) Pengawasan Humas dilakukan secara bersama yang didampingi oleh Kepala Madrasah, (5) Fakor penunjang yaitu program dan perencanaan yang sistematis, sedangkan faktor penghambatnya komunikasi wali murid kurang responsif terhadap bagian humas, (6) Hasil humas sebagaian besar sudah berjalan baik terutama dalam meingkatkan pemasaran pendidikannya menggunakan stategi promosi yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Masyarakat; Pemasaran;
Subjects: General Management > Market Research, Market Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: didin wahiddin
Date Deposited: 29 Oct 2019 02:15
Last Modified: 29 Oct 2019 02:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26298

Actions (login required)

View Item View Item