al-Dakhil dalam Tafsir al-Durr al-Mansur fi Tafsir bi al-ma'sur karya Jalaluddin al-Suyuti: Analisis surah al-Zukhruf dan surah al-Dukhan

Dewi, Sri Novita (2019) al-Dakhil dalam Tafsir al-Durr al-Mansur fi Tafsir bi al-ma'sur karya Jalaluddin al-Suyuti: Analisis surah al-Zukhruf dan surah al-Dukhan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Penafsiran Alquran yang dilakukan para ulama melahirkan pemahaman yang berbeda-beda sesuai dengan latarbelakang keilmuan mereka masing-masing. Perbedaan dalam memahami makna Alquran bahkan telah muncul pasca wafatnya Rasulullah SAW. Sehingga tidak jarang dijumpai penafsiran-penafsiran yang menyimpang atau salah tafsir. Hal tersebut yang kemudian dikenal dengan istilah al-dakhīl. Lawan katanya al-aṣīl. Salah satu ulama yang berusaha mengungkap makna Alquran adalah Imam Jalaluddin al-Suyuṭi. Ia menulis kitab tafsir al-Durr al-Manṡūr dengan metode tahlīlī dan bersumber dari riwayat-riwayat Nabi, ṣahabat dan tabi’in. Namun, Imam al-Suyuṭi tidak menulis lengkap jalur sanad dalam mengemukakan riwayat-riwayat, ia juga tidak mengemukakan kualitas hadiṡyang digunakannya. Sehingga sulit untuk mengetahui secara pasti mana riwayat yang ṣaḥih, dan mana riwayat yang ḍaīf. Penelitian ini bertujuan;1) untuk mengetahui bentuk-bentuk al-dakhīldalam kitab al-Durr al-Manṡūr karya Imam al-Suyuṭikhususnya pada surah al-Zukhrufdan surah al-Dukhān. 2) Untuk mengetahui implikasi al-dakhīlterhadap penafsiran dalam tafsiral-Durr al-Manṡūr. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa dalam penafsiran Alquran, baik bi al-ma’ṡūrmaupun bi al-ra’yidapat terindikasi adanya kekeliruan, hal ini dikenal denganal-dakhīl dalam tafsir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Dalam hal ini penulis melakukan kajian terkaitteori-teori tentang al-dakhīl dalam tafsir, mengumpulkan data-data yang relevan dengan penelitian ini kemudian diterapkan pada analisis al-dakhīl dalam kitab tafsiral-Durr al-Manṡūr karya Imam al-Suyuṭi pada surah al-Zukhruf dan surah al-Dukhān. Data yang ditemukan menunjukkan bahwa dalam kitab al-Durr al-Manṡūr terdapat kekeliruan dalam menafsirkan Alquran. Al-Dakhīl dalam surah al-Zukhruf ditemukan pada ayat 13-14, ayat 32,ayat 58, dan ayat 71, ditafsirkan dengan riwayat yang lemah dan hadiṡmauḍū’(palsu), beberapa perawinya dinilai ḍaīf. Adapun al-dakhīl dalam surah al-Dukhān di antaranya; Dakhīl tentang faḍīlah surah al-Dukhān dengan riwayat-riwayatAbu Hurairah memiliki kualitas yang lemah dari sisi sanadnya. Dakhīl pada ayat 4, ayat 10, ayat 29, dan ayat 54 dengan menggunakan riwayat yang lemahdanhadiṡmauḍū’(palsu) terutama pada aspek sanadnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kritik dan Komentar Mengenai Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Sri Novita Dewi
Date Deposited: 25 Oct 2019 09:36
Last Modified: 25 Oct 2019 09:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26276

Actions (login required)

View Item View Item