Peran perpustakaan terhadap kesadaran kolektif pengetahuan masyarakat: Penelitian di Desa Cicalengka Kulon Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung

Muldiansyah, Muhammad Rivaldi (2019) Peran perpustakaan terhadap kesadaran kolektif pengetahuan masyarakat: Penelitian di Desa Cicalengka Kulon Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover Rivaldi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak Rivaldi.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi Rivaldi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1 Rivaldi.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2 Rivaldi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3 Rivaldi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4 Rivaldi Jadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5 Rivaldi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka Rivaldi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Meningkatkan Kesadaran Pengetahuan bagi masyarakat mau tak mau kini sudah sangat diperlukan. Keadaan dunia yang semakin mengglobal secara tidak langsung telah memaksa kita untuk mempertajam pengamatan kita terhadap informasi-informasi yang beredar. Pendidikan merupakan kebutuhan manusia. Pendidikan selalu mengalami perubahan, perkembangan dan perbaikan sesuai dengan perkembangan di segala bidang kehidupan. Perubahan dalam bidang pendidikan meliputi berbagai komponen yang terlibat di dalamnya baik itu pelaksanaan pendidikan di lapangan (kompetensi guru dan kualitas tenada pendidik), mutu pendidikan perangkat kurikulum, sarana dan prasarana pendidikan dan mutu menejemen pendidikan termasuk perubahan dalam metode san strategi pembelajaran yang leih inovatif. Upaya tersebut bertujuan membawa kualitas pendidikan di indonesia menjadi lebih baik. Terlebih di Desa Cicalengka Kulon Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. Tujuan Penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana peran dari perpustakaan untuk menentukan bagaimana pendidikan ataupun pengetahuan bisa menyebar dan juga tersturktur secara kolektif di tengah tengah masyarakat yang sudah sedikit tidak perduli dengan adanya pendidikan, secara garis besar saya ambil di daerah yang saya teliti yaitu di daerah cicalengka, kabupaten bandung. Teori yang digunakan adalah teori AGIL dari talcot parsons, digunakan untuk menganalisis peran kelompok perpustakaan atau taman baca yang ada di cicalengka terhadap kesadaran kolektif pengetahuan yang ada di cicalengka ini. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Bertujuan untuk mengungkap faktan dan data yang ada di masyarakat dan juga menggambarkan peran perpustakaan atau taman baca yang ada di cicalengka terhadap kesadaran kolektif pengetahuan masyarakat, analisis data dengan cara reduksi data, penyajian wawancara dan kesimpulan. Lokasi penelitian di Desa Cicalengka Kulon, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. Hasil penelitian memungkinkan bahwa masyarakat dapat beradaptasi dengan adanya perpustakaan atau taman baca yang ada dilingkungannya untuk meningkatkan kesadaran kolektif bagi masyarakatnya sendiri dengan cara yang digunakan oleh penggiat perpustakaan atau taman baca dengan berkeliling ke masyarakat dan juga membuka lapak lapak membaca di sekitaran masyarakat yang ada di Cicalengka – Nagreg, itu akan membuat masyarakat lebih giat dan juga lebih sadar terhadap pengetahuan mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: perpustakaan kesadaran kolektif; pengetahuan masyarakat;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhammad Rivaldi Muldiansyah
Date Deposited: 28 Oct 2019 03:19
Last Modified: 28 Oct 2019 03:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26245

Actions (login required)

View Item View Item