Pengaruh pembinaan mental terhadap aktivitas keberagamaan prajurit TNI-AU di Mako Korps Paskhas Lanud Sulaiman Bandung: Penelitian terhadap prajurit TNI AU MAKO KORPS PASKHAS Lanud Sulaiman Kelurahan Sulaiman Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung 40229

Najmi, Muhamad Hardiansyah (2019) Pengaruh pembinaan mental terhadap aktivitas keberagamaan prajurit TNI-AU di Mako Korps Paskhas Lanud Sulaiman Bandung: Penelitian terhadap prajurit TNI AU MAKO KORPS PASKHAS Lanud Sulaiman Kelurahan Sulaiman Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung 40229. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy

Abstract

Sejatinya manusia memiliki tujuan utama sebabagai abdulloh dan khalifatulloh, yang mana segala kehidupannya didedikasikan supaya bernilai ibadah. Maka sudah sepatutnya manusia dengan segala profesinya, segala kesibukannya tanpa ada kecuali meggunakan segala potensi yang telah Allah berikan untuk memenuhi tugas Allah tersebut. Berdasarkan studi lapangan, wawancara dan observasi yang penulis lakukan di Mako Korps Paskhas Lanud Sulaiman Bandung, penulis menemukan sebuah permasalahan. Dimana empat dari sepuluh prajurit TNI yang penulis ajak bicara mengaku bahwasanya tidak mengerti mengenai konsep rukhsoh seperti jama’, qoshor, fidyah ataupun qodo. Padahal berkaca dari pekerjaan yang mereka lakukan, keringanan atau rukhsoh ini sangatlah penting untuk dikuasai apalagi bagi prajurit TNI yang selalu memiliki sedikit kesempatan untuk menyempurnakan ibadah ketika dalam pelasanaan tugas ataupun operasi militer. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana realitas aktivitas keberagamaan pada kalangan prajurit TNI-AU Mako Korps Paskhas Lanud Sulaiman Bandung. Hipotesis yang diajukan yakni semakin tinggi tingkat pembinaan mental yang diberikan, maka akan semakin tinggi pula aktivitas keberagamaan prajurit TNI-AU. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan random sampling 60 prajurit TNI-AU Mako Korps Paskhas. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembinaan mental TNI AU disini sangat baik dengan skor rata-rata 4,62, aktivitas agama prajurit TNI-AU Mako Korps Paskhas ini pun ada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,7. Sedangkan pengaruh pembinaan mental terhadap aktivitas keberagamaan berkorelasi sedang dengan koefisien korelasi sebesar 0,48 berada pada rentang 0,40-0,599 itu artinya ada pada kategori sedang. Hasil uji signifikansi koefisien korelasi menunjukan nilai thitung lebih besar dari ttabel yakni 4,74>1,691 diartikan bahwa hipotesis diterima. Variabel X mempunyi pengaruh terhadap variabel Y sebesar 23% yang artinya masih terdapat 77% faktor lain yang mempengaruhi variabel Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mental Guidance; Religious Activity; Air Force Soldier;
Subjects: Religious Ethics
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: hardiansyah najmi
Date Deposited: 31 Oct 2019 02:10
Last Modified: 31 Oct 2019 02:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26239

Actions (login required)

View Item View Item