Manajemen pembelajaran Al qur'an Hadis berbasis media digital di Madrasah Tsanawiyah Al Islam Kota Bandung

Said, Muhammad Mar'ie (2019) Manajemen pembelajaran Al qur'an Hadis berbasis media digital di Madrasah Tsanawiyah Al Islam Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7_bab4.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Proses kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan oleh setiap lembaga pendidikan/sekolah harus dilakukan dengan teratur serta mempunyai strategi yang tepat, karena hasil dari proses kegiatan pembelajaran akan mempengaruhi kualitas lulusan sekolah/madrasahnya. Jika proses kegiatan pembelajaran dilakukan dengan baik. Maka, kualitas lulusannya akan baik, begitu juga sebaliknya. Upaya yang dapat dilakukan agar proses kegiatan pembelajaran dapat dikakukan dengan baik maka perlu adanya manajemen pembelajaran yang dapat mengelola semua kegiatan dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran al-qur’an hadis berbasis media digital di Madrasah Tsanawiyah Al Islam Kota Bandung, mulai dari aspek perencanaan, pengorganisasian, motivasi, pengendalian dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada fungsi manajemen menurut SP. Siagian (Badrudin, 2015: 14) yaitu perencanaan, pengorganisasian, motivasi, pengendalian dan evaluasi yang diterapkan dalam pembelajaran Al Qur’an Hadis Berbasis Media Digital. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan semata-mata untuk tujuan deskriptif dan uji keabsahan data yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, pengecekan sejawat, triangulasi, kecukupan referensi, audit untuk kriteria kebergantungan, audit untuk kriteria kepastian. Hasil penelitian tentang manajemen pembelajaran Al Qur’an Hadis berbasis media digital di Madrasah Tsanawiyah Al Islam Kota Bandung menunjukkan bahwa. perencanaan pembelajaran telah dilakukan dalam bentuk silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan didokumentasikan dalam bentuk soft file dan hard file. Pengorganisasian pembelajaran dialukan dalam tiga tahapan yaitu penjadwalan pembelajaran, skema pembelajaran dan metode pembelajaran. Motivasi pembelajaran secara tidak langsung motivasi pembelajaran Al Qur’an Hadis sangat baik karena pelaksanaan pembelajaran dilakukan menggunakan media digital yang membuat siswa lebih termotivasi untuk semangat mengikuti kegiatan pembelajaran. Pengendalian pembelajaran Al Qur;an Hadis berbasis media digital dilakukan pembatasan akses jaringan internet, kecepatan internet, memblok situs berbahaya dan memiliki aplikasi server komputer dari keseluruhan tablet yang digunakan siswa. Evaluasi pembelajaran dilakukan menggunakan aplikasi digital Edmodo, siswa mengerjakan soal ujian menggunakan Tablet kemudian mengerjakan soal yang disediakan guru mata pelajaran dalam aplikasi dan hasil ujian dapat dilihat langsung oleh siswa setelah selesai mengerjakan seluruh soal ujian. ENGLISH: The learning process organized by each educational institution / school must be carried out regularly and have the right strategy, because the results of the learning process will improve the learning quality of school or madrasah. If the learning process is done well, so the quality of the conversation will be good and vice versa. Efforts can be made so that the learning process can be done well. It is necessary to have learning management that can facilitate all activities in learning so that the learning objectives will increase effectiveness and efficiency. This study aims to describe the management of digital media-based Al-Quran learning traditions in the Madrasah Tsanawiyah Al Islam Bandung, starting from planning, organizing, motivation, controlingl and learning evaluation. This research was conducted based on the theory of management functions according to SP. Siagian (Badrudin, 2015: 14) which includes planning, organizing, motivating, controlling and evaluating which applied in the learning of the Qur'an based on digital media. This research method uses descriptive qualitative method. The technique used in collecting this research data is to use interviews, observation, and documentation. Data analysis used solely for descriptive purposes and data validity tests namely extension of participation, perseverance of observation, peer checking, triangulation, adequacy of references, audits for dependency criteria, audits for certainty criteria. The results of research on learning management of Al Qur’an Hadith based on digital media in Madrasah Tsanawiyah Al Islam Bandung showed that learning planning has been done in the form of syllabus and Learning Implementation Plan (RPP) and documented in the form of soft files and hard files. Organizing learning is diverted into three stages, such as learning scheduling, learning schemes and learning methods. Motivation of learning indirectly the motivation of learning the Qur'an the Hadith is very good because the implementation of learning is done using digital media that makes students more motivated to enthusiasm for learning activities. Control of digital Al-Qur'an based learning of Hadith is done by limiting internet network access, internet speed, blocking dangerous sites and having a computer server application of all tablets used by students. Learning evaluation is done using Edmodo digital application, students work on exam questions using a tablet and then work on the questions provided by the subject teacher in the application and the test results can be seen directly by students after finishing work on all exam questions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: MSaid; Pembelajaran Digital; Manajemen
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Athletic and Outdoor Sports > Organizations, Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Mar'ie Said
Date Deposited: 30 Oct 2019 07:36
Last Modified: 30 Oct 2019 07:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26237

Actions (login required)

View Item View Item