Penerapan model Problem Based-Hybrid Learning (Pro-BHL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi alat optik: Penelitian pre experimental di kelas XI MIA SMA Karya Budi Bandung Tahun Ajaran 2018/2019

Dalila, Azmy Almas (2019) Penerapan model Problem Based-Hybrid Learning (Pro-BHL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi alat optik: Penelitian pre experimental di kelas XI MIA SMA Karya Budi Bandung Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik di abad 21. Hasil observasi di SMA Karya Budi Bandung menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes keterampilan berpikir kritis pada materi alat optik masih tergolong rendah. Salah satu solusi alternatif yang dapat digunakan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis tersebut yaitu model Problem Based-Hybrid Learning (Pro-BHL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkan model Problem Based-Hybrid Learning (Pro-BHL) pada materi alat optik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pre-experimental dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel yang diambil pada penelitian ini yaitu kelas XI MIA 2 yang berjumlah 32 orang yang dipilih dengan tehnik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil keterlaksanaan pembelajaran setiap pertemuannya tergolong dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan nilai N-gain sebesar 0,71 yang berkategori tinggi. Hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan nilai thitung (37,31) > ttabel (2,042) yang secara signifikan model Problem Based-Hybrid Learning (Pro-BHL) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based-Hybrid Learning (Pro-BHL) dapat dijadikan alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi alat optik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis; Problem Based-Hybrid Learning; Alat Optik;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Education, Research
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Azmy Almas Dalila
Date Deposited: 25 Oct 2019 06:12
Last Modified: 27 Dec 2019 01:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26232

Actions (login required)

View Item View Item