Penerapan model pembelajaran argument driven inquiry untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi

Nurisyani, Azzalya (2019) Penerapan model pembelajaran argument driven inquiry untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang menjadi tuntutan kurikulum 2013 revisi 2017 yang harus dilatihkan kepada peserta didik. Salah satu alternatif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis adalah dengan menggunakan model pembelajaran Argument Driven Inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Argument Driven Inquiry dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Argument Driven Inquiry pada materi usaha dan energi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pre-experimental tipe one group pretest-posttest design. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 2 SMAN 1 Mande yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan antara lain lembar observasi, lembar kegiatan peserta didik, dan tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian yang diperoleh diantaranya adalah rata-rata persentase keterlaksanaan dari tiga pertemuan yaitu sebesar 86% dengan kategori sangat baik untuk aktivitas guru dan 81% dengan kategori sangat baik untuk aktivitas peserta didik. Hasil nilai N-gain dari tes keterampilan berpikir kritis diperoleh sebesar 0,74 yang termasuk kategori tinggi. Berdasarkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa t_hitung lebih besar dibandingkan t_tabel yaitu t_hitung (32.58)>t_tabel (2,042), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Argument Driven Inquiry (ADI);keterampilan berpikir kritis;usaha dan energi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Azzalya Nurisyani
Date Deposited: 29 Oct 2019 02:29
Last Modified: 29 Oct 2019 02:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26220

Actions (login required)

View Item View Item